FUNGSI TEMAN SEBAYA

Fungsi Teman Sebaya sangat penting. Menurut Wayan Ardhana yang dikutip oleh Umar Tirtaraharja dan  La Sulo (2005), terdapat beberapa fungsi teman sebaya terhadap anggotanya yaitu:
  1. Mengajar berhubungan dan menyesuaikan diri dengan orang lain.
  2. Memperkenalkan kehidupan masyarakat yang lebih luas.
  3. Menguatkan sebagian dari nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan masyarakat orang dewasa.
  4. Memberikan kepada anggota-anggotanya cara-cara untuk membebaskan diri dari pengaruh kekuasaan otoritas.
  5. Memberikan pengalaman untuk mengadakan hubungan yang didasarkan pada prinsip persamaan hak.
  6. Memberikan pengetahuan yang tidak bisa diberikan oleh keluarga secara memuaskan (pengetahuan mengenai cita rasa berpakaian, musik, jenis tingkah laku tertentu, dan lain-lain).
  7. Memperluas cakrawala pengalaman anak, sehingga ia menjadi orang yang lebih kompleks.
Teman baik berperan sebagai kawan, teman bermain atau sahabat harus memiliki sifat-sifat tertentu apabila ingin memuaskan kebutuhan akan teman. Sifat-sifat itu adalah:
  1. Memiliki minat dan afeksi terhadap anak
  2. Kesamaan minat
  3. Kesamaan nilai
  4. Kedekatan geografis
Lingkungan Teman Sebaya sangat penting bagi perkembangan seorang siswa untuk bisa menunjukkan kemampuan dirinya. Seorang siswa memiliki kesempatan banyak untuk berbicara dengan teman sebayanya, menggunakan bahasa dan persoalan mereka sendiri. Mereka sadar bahwa dirinya dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan teman-teman lain dalam kelompok, meskipun beberapa saat tertentu mereka kurang dapat memenuhi tuntutan kelompok tersebut. Dalam hubungan persahabatan tersebut, seorang mahasiswa memilih teman yang memiliki kualitas psikologis yang relatif sama dengan dirinya, baik menyangkut interest, sikap, nilai dan kepribadian. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini Lingkungan Teman Sebaya dapat mempengaruhi pengambilan keputusan seorang siswa baik keputusan dalam bersikap maupun keputusan dalam bertingkah laku.
Dalam penelitian ini indikator yang digunakan untuk Lingkungan Teman Sebaya adalah:
  1. Interaksi sosial yang dilakukan: (a) Interaksi dengan teman sebaya di lingkungan tempat tinggal, (b) Interaksi dengan teman sebaya di lingkungan sekolah
  2. Keterlibatan individu dalam berinteraksi
  3. Dukungan teman sebaya
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar