FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CITRA RAGA

Ada beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Citra Raga. Shonfeld (dalam Blyth dkk, 1985) mengemukakan bahwa faktor yang mempengaruhi citra raga adalah sebagai berikut:
Reaksi dari orang lain
Manusia sebagai mahluk sosial selalu berinteraksi dengan orang lain. Agar dalam interaksinya individu dapat diterima oleh orang lain, ia akan memperhatikan pendapat atau reaksi yang diterima dari lingkungannya, termasuk pendapat mengenai fisiknya.
Perbandingan dengan orang lain
Wanita cenderung sangat peka terhadap penampilan dirinya, sehingga selalu merasa tidak puas dan selalu membandingkan dirinya dengan orang lain.
Identifikasi terhadap orang lain
Wanita merasa perlu menyulap diri agar serupa atau mendekati idola atau simbol kecantikan yang dianutnya agar merasa lebih baik dan lebih menerima keadaan fisiknya.
Peranan seseorang
Adanya anggapan bahwa kedudukan atau peranan tertentu dalam pekerjaan dan pergaulan lebih mudah diraih oleh mereka yang memiliki daya tarik fisik. Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui dalam bahwa evaluasi individu terhadap penampilan fisiknya dipengaruhi oleh reaksi dari orang lain, perbandingan dengan orang lain, identifikasi terhadap orang lain dan peranan seseorang, yang selanjutnya berpengaruh pada citra raganya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar