Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Tujuan analisis laporan keuangan sangat penting. Laporan keuangan merupakan alat yang penting untuk  memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasilhasil yang telah dicapai oleh perusahaan. Laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi yang cukup penting untuk pengambilan keputusan ekonomi. Laporan keuagan menyajikan informasi mengenai apa yang telah terjadi, sementara para pemakai laporan keuangan membutuhkan informasi mengenai apa yang mungkin terjadi di masa datang.
Menurut Harahap (2004) tujuan analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Dapat memberikan informasi yang lebih dalam daripada yang terdapat dari laporan keuangan biasa.
  2. Dapat menggali informasi yang tidak tamapk secara kasat mata dari suatu laporan keuangan atau yang berada di balik laporan keuangan.
  3. Dapat mengetahui kesalahan yang terkandung dalam laporan keuangan.
  4. Dapat membongkar hal-hal yang bersifat tidak konsisten dalam hubungannya dengan suatu laporan keuangan baik dikaitkan dengan komponen intern laporan keuangan maupun kaitannya dengan informasi yang diperoleh dari luar perusahaan.
  5. Mengetahui sifat-sifat hubungan yang akhirnya dapat melahirkan model-model dan teori-teori yang terdapat dilapangan seperti untuk prediksi, peningkatan (rating).
  6. Dapat memeberikan informasi yang diinginkan oleh para pengambil keputusan. Dengan perkataan lain apa yang dimaksudkan dari suatu laporan keuangan merupakan tujuan analisa laporan keuangan juga antara lain: Dapat menilai prestasi perusahaan, Dapat memproyeksi keuangan perusahaan, Dapat menilai kondisi keuangan masa lalu dan masa sekarang dari aspek waktu tertentu (Posisi keuangan (Assets, Neraca, dan Modal),  Hasil usaha perusahaan (Hasil dan Biaya), Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, Rentabilitas atau profitabilitas, Indikator Pasar Modal, Menilai perkembangan dari waktu ke waktu,  Melihat komposisi struktur keuangan, arus dana).
  7. Dapat menentukan peringkat (rating) perusahaan menurut kriteria tertentu yang sudah dikenal dalam dunia bisnis.
  8. Dapat membandingkan situasi perusahaan dengan perusahaan lain dengan periode sebelumnya atau dengan standar industri normal atau standar ideal.
  9. Dapat memahami situasi dan kondisi keuangan yang dialami perusahaan, baik posisi keuangan, hasil usaha, struktur keuangan, dan sebagainya.
  10. Bisa juga memprediksi potensi apa yang mungkin dialami perusahaan di masa yang akan datang.
Dengan menganalisis laporan keuangan suatu perusahaan maka akan diperoleh semua jawaban yang berhubungan dengan masalah posisi keuangan perusahaan dan hasil-hasil yang dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar