Sumber Informasi Internet

Sumber informasi internet sangat lengkap saat ini. Dalam kehidupan sehari–hari, informasi dapat kita temukan dimana saja, dirumah, tempat ibadah, sekolah, perpustakaan, internet dan lain sebagainya. Setiap saat dapat tercipta informasi baru yang merupakan masukan dari berbagai sumber seperti hasil penelitian, ide, pengalaman dan lainlain, selanjutnya temuan-temuan informasi tersebut memerlukan wadah untuk penyimpanan. Media internet menyediakan banyak tempat untuk penyimpanan dan penyebarluasan temuan informasi. Internet sebagai sumber informasi memiliki banyak alat bantu yang disebut dengan aplikasi dalam menyebarluaskan informasi yang tersimpan dalam data basenya.
Adapun alat bantu yang dimaksudkan berupa aplikasi yang disebut dengan Search Engine, Engine, Web Log, News Group, Massege Board, Website, dan lain-lain. Dengan alat-alat bantu tersebut diharapkan pengguna dapat menemukan informasi yang dibutuhkan, misalnya seperti informasi hiburan, pendidikan, berita, journal, informasi bisnis dan lain sebagainya sesuai kebutuhan pengguna informasi.
Search Engine atau disebut juga dengan mesin pencari, alat bantu ini merupakan sumber informasi utama pada internet karena dapat membantu penelusuran dengan hasil penelusuran maksimal. Dan dapat menemukan informasi dalam bentuk artikel, file, dokumen elektronik dan juga data base. Search engine dapat melakukan penelusuran informasi dalam berbagai topik pencarian dan menampilkan hasil temuan dengan kecepatan yang tinggi. Pada internet terdapat banyak sekali search engine yang dapat dijadikan pilihan untuk mencari informasi yang dibutuhkan, misalnya ada Google, Yahoo, MSN, Alta Vista, Wikipedia, Deja News, Excite, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Banyak situs web yang menawarkan berlangganan majalah yang ditunjukkan melalui catalog online dan informasi ini dapat diperoleh melalui engine sebagai alat bantunya. Selain engine, web log juga merupakan sumber informasi yang dapat membantu pencari informasi dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. Web Log merupakan informasi yang dibuat oleh personal yang cenderung dibuat untuk dibaca oleh orang lain, atau dengan kata lain web log juga dijadikan pilihan berbagai orang untuk memberikan informasi atau membagi informasi kepada orang lain.
News Group dan Massage Board juga merupakan alat bantu yang digunakan sebagai media sharing informasi, diskusi dan bertukar ilmu pengetahuan, namun kegiatan ini biasanya dilakukan dalam komunitas yang sama atau seprofesi, sehingga akan dapat lebih mudah menemukan informasi secara cepat.
Di internet terdapat beragam jenis informasi, ada yang bersifat ilmiah dan non ilmiah dengan tujuan seluruh aspek kegiatan kehidupan. Dan disajikan dengan beragam, ada dengan visual, audiovisual dan multimedia.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar