Pengertian Aktiva Tetap


Pengertian Aktiva tetap terkait dengan faktor produksi yang digunakan perusahaan untuk menjalankan kegiatan produksi dan operasional perusahaan. Perusahaan melakukan investasi dalam aktiva tetap dengan harapan perusahaan dapat memperoleh kembali dana yang ditanamkan dalam aktiva tetap tersebut.
Pengertian aktiva tetap antara lain:
  1. Aktiva tetap ialah properti yang berwujud dan bersifat relatif permanen yang digunakan dalam operasi bisnis(Stice et al., 2005).
  2. Aset tetap adalah asset berwujud yang dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, untuk direntalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administrative dan diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode (IAI, 2009).
  3. Aktiva tetap adalah aktiva berujud yang digunakan dalam operasi perusahaan dan tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan (Haryono Jusup, 2005).
  4. Aktiva tetap adalah aktiva berujud yan berumur lebih dari satu tahun yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan untuk dipakai dalam perusahaan bukan untuk dijual kembali (Wit & Erhans, 2000).
Aset tetap adalah aset berwujud yang (Slamet Sugiri, 2009):
  1. Dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penydiaan barang atau jasa, untuk direntalkan pada pihak lain, atau untuk tujuan administratif
  2. Diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode
Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan aktiva tetap merupakan investasi yang dilakukan perusahaan dalam jangka panjang (lebih dari satu tahun), tidak untuk dijual kembali tetapi digunakan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar