Cara Kerja World Wide Web

Cara kerja World Wide Web merupakan salah salah cara kerja jaringan yang amat luas. Bekerja pada Web mencangkup dua hal penting, yaitu: software Web browser dan software Web server. Web browser yang bertindak sebagai client memungkinkan kita untuk menginterpretasikan dan melihat informasi pada Web, sedang web server yang bertindak sebagai server memungkinkan kita untuk menerima informasi yang diminta oleh browser. Jika suatu permintaan akan suatu informasi datang, Web server mencari file yang diminta tersebut dan kemudian mengirimkan ke browser yang memintanya.
Tentu saja cara kerja Web tidak sesederhana ini, ada banyak hal yang perlu kita ketahui untuk mengenal cara kerja Web. Tetapi karena kebanyakan di antaranya bersifat teknis, maka berikutu ini hanya akan dibahas beberapa di antaranya secara singkat.
HyperText Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah suatu protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh Web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta Web browser. Protokol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML. Jika kita sedang menjelajahi Web dan melihat tulisan seperti “http://www.stmik-jakarta.ac.id”, ini merupakan salah satu penggunaan protokol HTTP dalam Web. Dan dapat dipastikan bahwa kita akan berhubungan banyak dengan protokol ini jika sedang mengakses Web.
Uniform Resource Locator (URL)
Uniform Resource Locator adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu Web server. URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat, dimana alamat tersebut terdiri dari:
  • Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi
  • Nama dari komputer di mana informasi tersebut berada, dan
  • Jalur / path serta nama file dari suatu informasi.
Format umum dari suatu URL adalah sebagai berikut:
Protokol_transfer://nama_host/path/nama_file
Berikut ini adalah contoh dari URL:
http://www.psychologymania.com/2013/08/sekilas-tentang-internet.html
di mana:
  • http adalah protokol yang digunakan
  • www.psychologymania.com  adalah nama dari server komputer di mana informasi yang dicari berada
  • sekilas tentang internet adalah jalur/ path dari informasi yang dicari
  • index.html adalah nama file di mana informasi tersebut berada
Home Page
Setiap perusahaan atau pribadi yang memiliki informasi di World Wide Web memerlukan suatu alamat (URL) khusus yang disebut Web site. Setiap informasi ini disimpan dalam suatu file yang berbeda-beda yang disebut Web page. Di dalam Web page (atau biasa disingkat page) inilah tersimpan berbagai informasi dan link yang menghubungkan suatu informasi ke informasi lainnya, baik itu di dalam suatu Web page yang sama, ataupun dalam Web page lain pada Web site yang berbeda.
Sebelum mengakses berbagai macam informasi pada suatu Web site, akan ditemui suatu Web page pembuka yang disebut sebagai home page. Home page ini merupakan halaman pertama dari suatu Web site yang biasanya berisi tentang apa dan siapa dari perusahaan atau organisasi dari pemilik Web site tersebut.
Sebagai misal, suatu home page bisnis mungkin menampilkan nama dan logo dari perusahaan tersebut serta menyediakan link ke page-page lain pada Web site perusahaan tersebut dengan informasi tentang produk perusahaan, pelanggan, layanan purna jual, dan lain sebaginya. Jadi pada dasarnya home page adalah suatu sarana untuk memperkenalkan secara singkat tentang apa yang menjadi isi dari keseluruhan Web site dari suatu organisasi atau pribadi.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar