Pengertian Komunikasi Internal

Berikut ini adalah beberapa pengertian komunikasi internal yang menunjukan komunikasi yang terjadi di dalam organisasi yang melibatkan orang-orang yang berada dalam organisasi dan menyebutkan cara atau prosesnya. Lawrence D.Brenman yang dikutip oleh Efendy (2009), memberikan pengertian Komunikasi internal adalah pertukaran gagasan diantara administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan atau jawatan yang menyebabkan terwujudnya perusahaan atau jawatan tersebut lengkap dengan strukturnya yang khas (organisasi) dan pertukaran gagasan secara horizontal dan vertikal di dalam perusahaan atau jawatan yang menyebabkan pekerjaan berlangsung (operasi dan manajemen). Komunikasi organisasi adalah jaringan komunikasi formal, jaringan komunikasi informal, mekanisme berbantuan komputer yang digunakan organisasi untuk memfasilitasi komunikasi, dan topik manajemen pengetahuan yang terkait dengannya (Stephen P. Robbins-Timothy A. Judge (2008).
Definisi lain dikemukakan oleh Chester I. Barnard dalam Harorld Kootz (1986) memandang komunikasi sebagai sarana penghubung antar orang- orang di dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Mereka mengemukakan bahwa komunikasi internal adalah merupakan pertukaran gagasan, sarana penghubung diantara orang- orang yang berada dalam organisasi yaitu karyawan untuk mencapai tujuan organisasi, diantaranya dengan cara komunikasi horizontal, vertical, komunikasi formal dan informal, serta komunikasi berbantuan computer.
Maka ketiga definisi diatas dapat dikatakan sebagai komunikasi internal merupakan komunikasi yang terjadi di antara orang- orang yang berada dalam organisasi baik secara formal atau informal dengan proses vertikal dan horizontal maupun dengan menggunakan alat atau fasilitas lainnya yang menunjang untuk mencapai tujuan bersama.
“Komunikasi adalah sebuah prasarana dengan mana seorang manajer diperlengkapkan ia bukanlah suatu kegiatan yang berdiri sendiri, tetapi suatu bagian utama dari hampir semua hal yang dilakukan manajer itu.” Menurut George R. Terry Leslie W. Rule (2001). Definisi yang diajukan Leslie ini semakin memperkuat bahwa komunikasi internal tidak bisa berdiri sendiri maka dari itu dibutuhkan peran bersama dari setiap anggota di dalam organisasi untuk kelangsungan organisasi dengan mewujudkan komunikasi internal yang baik untuk tujuan bersama, dan semua hal yang dilakukan manajer itu merupakan komunikasi.
Komunikasi internal harus diciptakan diperusahaan secara terbuka dan efektif, agar para karyawan dapat menjalankan aktivitas dan tugas-tugasnya dengan baik, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada karyawan, juga merupakan sarana penghubung antar orang- orang di dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar