Kegiatan Sosial Di Masyarakat

Kegiatan sosial di masyarakat adalah salah satu upaya dari masyarakat dan pemerintah dalam memberikan bantuan, baik bersifat moril, materil, spiritual, dan motivasi.
Kegiatan sosial di masyarakat adalah wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas kelebihan rezeki yang diberikan oleh Nya. Berbagai kegiatan dibuat sebagai bukti kepedulian sosial kepada sesama manusia atas dasar menjaga menutup pembatas-pembatas antara golongan atas dan golongan bawah.
Kegiatan sosial tentunya tidak hanya diberikan pada orang-orang yang kesehariannya berada di bawah garis kemiskinan. Seperti yang kita saksikan di media-media, banyak orang melakukan kegiatan sosial ketika terjadinya bencana banjir, tanah longsor, tsunami, gempa bumi, gunung meletus, dan lain-lain.
Bencana alam yang mengakibatkan rusaknya infrastruktur dan menghilangkan harta benda perlu kita pahami dan renungkan sebagai hikmah dan, melihat diri, bahwa ketika kita masih diberikan kenikmatan lebih dari cukup setiap harinya, banyak hal yang kita bisa tunjukkan dan kita berikan sebagai wujud keprihatinan itu.
Selain itu, ada kegiatan sosial yang bersifat menjaga dan mencegah hal-hal yang tidak diingini terjadi. Seperti, dengan kegiatan menanam dan memelihara pohon secara massal dengan tujuan terciptanya penghijauan. Selain itu, kegiatan-kegiatan seperti seminar tentang bahaya pergaulan bebas, bahaya narkoba, atau workshop untuk menambah keterampilan masyarakat adalah kegiatan sosial yang bisa baik dilaksanakan di masyarakat.
Tidak dipungkiri, hadirnya kegiatan-kegiatan sosial yang sangat bermanfaat dan bernilai bagi masyarakat ini tidak akan begitu saja terlaksana tanpa pihak-pihak/masyarakat yang memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya saling membantu. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, tampak pula kekompakan sebuah masyarakat dalam membangun komunitas yang kokoh. 
Sebagai makhluk relijius, seseorang akan menyadari bahwa barang siapa membantu orang lain dengan keikhlasan hati, maka Allah akan membantu/memudahkan urusannya. Dan sebaliknya, barangsiapa tidak mau membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan, tanpa alasan yang jelas, maka Allah tidak akan memudahkan urusannya.



loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar