Jenis-Jenis Pelatihan

Terdapat beberapa jenis-jenis pelatihan. Pelatihan adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan keahlian-keahlian, pengetahuan, pengalaman, ataupun perubahan sikap seseorang. Pelatihan berkenaan dengan perolehan keahlian-keahlian atau pengetahuan tertentu. Program pelatihan berusaha memberikan ketrampilan kepada peserta bagaimana melakukan aktivitas-aktivitas atau pekerjaan tertentu. Hal ini eratkaitannya dengan kualifikasi apa yang harus dimiliki tutor dari pelatihan.
Untuk itu terdapat banyak pendekatan dan jenis-jenis pelatihan yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan dan kualifikasi yang diharapkan, sejalan dengan itu Henry Simamora (1997) mengemukakan jenis-jenis pelatihan yang dapat digunakan di dalam organisasi: pelatihan keahlian-keahlian, pelatihan ulang, pelatihan fungsional silang, pelatihan tim, dan pelatihan kreativitas.
Pelatihan keahlian-keahlian
Pelatihan keahlian-keahlian (skills training) merupakan pelatihan yang kerap dijumpai di dalam organisasi-organisasi. Program pelatihannya relatif sederhana, kebutuhan atau kekurangan diidentifikasi melalui penilaian yang jeli. Kriteria penilaian efektivitas pelatihan juga didasarkan pada sasaran-sasaran yang diidentifikasi dalam tahap penilaian.
Pelatihan ulang
Pelatihan ulang (re-training) adalah subset pelatihan keahlian-keahlian. Pelatihan ulang berupaya memberikan kepada para tutor keahlian-keahlian yang mereka butuhkan untuk mengejar tuntutan yang berubah dari pekerjaan-pekerjaan mereka, umpamnya, tutor yang selama ini menggunakan alat-alat konvensional/ manual mungkin harus dilatih ulang untuk menggunakan alat-alat yang terkomputerisasi.
Pelatihan fungsional silang
Pada dasarnya, organisasi telah mengembangkan fungsi-fungsi kerja yang terinspirasi dan deskripsi -deskripsi pekerjaan yang rinci, sungguhpun begitu, organisasi-organisasi dewasa ini lebih menekankan keahlian banyak dari pada spesialisasi. Melatih tutor dalam bermacam-macam tugas dengan demikian, menjadi semakin populer.
Pelatihan tim
Dewasa ini terdapat tekanan yang menguat terhadap kinerja tim (team performance). Tim management, tim riset, dan satuan organisai. Tim adalah sekelompok individu yang bekerja sama demi tujuan bersama. Tujuan bersama inilah yang sesungguhnya menentukan sebuah tim, dan jika anggota tim mempunyai tujuan-tujuan yang bertentangan atau konflik, efesiensi keseluruhan unit kemungkinan akan terganggu.
Pelatihan kreativitas
Pelatihan Kreativitas (Creativity Training) adalah didasarkan pada asumsi bahwa kreativitas dapat dipelajari. Terdapat beberapa cara untuk mengajarkan kreativitas, yang semuanya berusaha membantu tutor memecahkan masalah dengan kiat-kiat baru. Teknik yang digunakan dengan Brainstorming.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar