Peranan Kredit dalam Perekonomian

Peranan kredit dalam perekonomian sangat besar. Menurut Hildebrand, sistem perekonomian akhirnya mencapai apa yang disebutnya ‘rumah tangga kredit’ (Kreditwirtschaft). Dalam perekonomian seperti itu, kredit akan mengambil alih sebagian fungsi uang (yang dipergunakan untuk pembayaran tunai) karena hampir segala hal dilakukan dengan kredit.
Adapun peranan kredit dalam perekonomian adalah sebagai berikut:
  1. Kredit ternyata dapat meningkatkan efisiensi penggunaan uang atau modal dengan meningkatkan produktivitas masyarakat. 
  2. Kredit dapat meningkatkan efisiensi penggunaan barang, karena kredit dapat membantu proses produksi dari bahan hingga barang jadi dan sekaligus juga membantu pemindahan barang dari produsen kepada konsumen dalam proses marketing, kredit ikut melancarkan arus barang. 
  3. Kredit dapat meningkatkan arus peredaran lalu lintas uang, misalnya, melalui penggunaan cek, giro, wesel, promes, dan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank. 
  4. Kredit dapat menjadi alat stabilitas ekonomi yang dilakukan melalui kebijaksanaan ekspansi dan kontraksi kredit, misalnya, dengan politik diskonto oleh bank sentral. 
  5. Kredit dapat berfungsi sebagai ‘jembatan’ untuk meningkatkan pendapatan nasional suatu Negara. 
  6. Kredit dapat menciptakan daya beli baru bagi para debitur, meskipun debitur-debitur itu tidak memiliki uang tunai dalam saldo neracanya.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar