Pengertian Senam Otak

Pengertian senam otak (Brain Gym) adalah serangkaian latihan gerak sederhana yang digunakan untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari. Metode belajar dikembangkan oleh Paul E. Dennison, Ph.D bersama isterinya Gail E. Dennison yang merupakan pelopor pendidik di Amerika dalam penerapan penelitian otak. Keduanya adalah pemberi seminar, ceramah dan pelatihan mengenai Educational Kinesiology (Edu-K) di banyak negara dan telah menulis beberapa buku tentang ilmu ini. Kata Education berasal dari bahasa Latin educare, yang berarti “menarik keluar”.
Sedangkan kata Kinesiology dikutip dari bahasa Yunani kinesis, yang berarti “gerakan” dan merupakan pelajaran gerakan tubuh manusia. Edu-K adalah suatu sistem yang memberdayakan semua orang yang belajar, tanpa batas umur, dengan menggunakan aktivitas gerakan-gerakan untuk menarik keluar seluruh potensi seseorang (Dennison, 2008).
Senam otak (brain gym) adalah rangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana. Dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Sebelum melakukan rangkaian gerakan senam otak dianjurkan terlebih dahulu meminum air, karena air adalah unsur pembawa energi listrik. Air mengandung mineral. Air putih bahkan membantu memperlancar peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan air akan membuat otot menegang sehingga tubuh tidak merasa nyaman (Tammase, 2009).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar