Jenis-jenis Mnemonics

Jenis-jenis mnemonics terdiri dari beberapa macam. Menurut Maltin (2005) ada beberapa jenis metode mnemonics, antara lain:
Mnemonics using imagery  (mnemonics yang menggunakan imajinasi atau pembayangan)
Mnemonics using imagery adalah mnemonics yang dalam penerapannya membutuhkan pembayangan atau imajinasi atau suatu hal, benda ataupun tempat.
Terdapat beberapa jenis mnemonics using imagery, yaitu:
  1. The keyword method (metode kata kunci)---Metode keywords sangatlah efektif untuk mengingat kata-kata asing seperti kosakata. Dalam metode keywords, individu mengidentifikasikan suatu kata bahasa asing dengan kata dalam bahasanya sendiri dan kemudian menciptakan gambaran dalam pikiran yang menghubungkan kata kunci (keywords) dengan kata baru tersebut. Contohnya bila ingin belajar bahasa Spanyol dan ingin mengingat sebuah kosakata rodilla yang dalam bahasa Inggris berarti knee (lutut).dari kata rodilla (yang diucapkan dengan “roe-dee-ya”), kita dapat menghubungkan dengan kata dalam bahasa Inggris yang pengucapannya hampir sama, yaitu rodeo. Kemudian membayangkan seorang cowboy pada sebuah rodeo yang lututnya teluka.  Pressley, dkk dalam Campos (2003) menerapkan penelitian dalam konteks laboratorium. Sampel berupa mahasiswa yang mempelajari daftar dari kata-kata dengan menggunakan metode kata kunci atau metode lain yang mereka pilih sendiri. Hasilnya adalah mahasiswa yang menggunakan metode kata kunci lebih baik dalam me-recall dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan metode lain. Levin (dalam Campos, 2003). menyatakan bahwa metode kata kunci lebih efektif daripada metode lain pada remaja dan orang dewasa jika diterapkan secara individual. 
  2. The method of loci (metode loci)---Metode ini mudah dipelajari dan bekerja baik untuk orang-orang yang bagus dalam visualisasi. Dengan metode ini, informasi yang diingat diasosiasikan dengan lokasi-lokasi tertentu di rumah. Metode ini dapat digunakan untuk bermacam-macam daftar, untuk pembicaraan, nama- nama, suatu hal untuk dilakukan, bahkan untuk mengingat pikiran yang ingin disimpan dalam ingatan. Contoh : lambang unsur-unsur kimia yang terletak pada golongan IA ditulis secara berurut dengan lambang H, Li, Na, K, Rb, Cs, dan Fr. Untuk mempermudah kita mengingat, kita bisa mencoba membayangkan suatu lokasi yaitu H (Halaman). Kalau kita masuk ke dalam halaman itu ada Li (Lintasan) menuju ke rumah. Di sebelah kanan lintasan, ada pohon Na (Nangka) dan K (Kelapa). Sedangkan di sebelah kiri lintasan ada pohon Rb (Rambutan). Setelah kita masuk lebih dalam di teras rumah ada Cs (Chursi santai) dan jika kita duduk di kursi santai itu kita akan menghadap Fr (Fagar)
Mnemonics using organization (mnemonics yang membutuhkan pengorganisasian)
Mnemonics using organization adalah jenis mnemonics yang dilakukan dengan cara mengorganisasikan atau menyusun ke dalam suatu urutan tertentu.
Terdapat beberapa jenis mnemonics using organization, yaitu:
  1. Chunking --- Metode ini dikembangkan oleh seorang psikolog terkenal, George Miller (dalam Maltin, 2005). Miller menggunakan istilah chunk untuk menggambarkan unit dasar dari short term memory. Mengacu pada pengertian awalnya, chunk adalah unit memori yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Chunk dapat berupa nomor atau huruf tunggal maupun sekelompok angka atau huruf. Contoh: Nomor telepon rumah A adalah 0614521112. Untuk mempermudah mengingat nomor telepon rumah A dapat disusun dengan chunking, misalnya menjadi 061 452 111 2 atau 061 45 21112. 
  2. Hierarchy technique (teknik hirarki) --- Metode lainnya adalah menyusun materi yang akan diingat dalam bentuk hirarki. Hirarki adalah sebuah sistem dimana item-item disusun dalam sekelompok kelas-kelas secara bertingkat. 
  3. First letter technique (teknik huruf pertama) --- Teknik huruf pertama atau biasanya disebut sebagai akronim (membuat singkatan huruf pertama dari kata-kata untuk diingat). Sebagai contoh, untuk mengingat nama-nama danau yang besar, digunakan akronim HOMES (Huron, Ontario, Michigan, Erie dan Superior). Beberapa organisasi dan badan-badan pemerintahan menggunakan akronim. Misalnya NATO yang merupakan singkatan dari North Atlantic Traty Organization, dan AA untuk Alcoholic Anonymous. 
  4. Narrative technique (teknik naratif)---Dalam teknik naratif ini, individu diminta untuk merangkai sebuah kisah atau cerita dari kata-kata yang saling berhubungan. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Bower dan Clark (dalam Maltin, 2005) kepada sekolompok orang yang diminta untuk mengingat dua belas daftar kata, hasilnya adalah individu yang mengingat dengan menggunakan teknik naratif dapat mengingat enam kali lebih banyak daripada individu yang tidak menggunakan atau tidak diajarkan mengingat dengan cara tersebut (kelompok kontrol). Teknik naratif merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan memori dan juga berhasil atau efektif juga untuk individu yang mengalami kerusakan ingatan (memory-impaired individual).
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa jenis metode mnemonics, antara lain:  
  1. Mnemonics using imagery yang terdiri dari The Keyword Method dan The Method of Loci 
  2. Mnemonics using organization terdiri dari Chunking, Hierarchy Technique, First Letter Technique dan Narrative Technique.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar