Hambatan Dalam Komunikasi Organisasi

Ada beberapa hambatan dalam komunikasi organisasi. Komunikasi tidak selamanya berjalan lancar seperti yang diharapkan. Banyak faktor yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam komunikasi. Hal ini dapat pula terjadi pada komunikasi yang bersifat kompleks seperti dalam organisasi.
Menurut Wursanto, bahwa hambatan dalam komunikasi dapat dibedakan menjadi enam macam,yaitu:
Rintangan yang bersifat Teknis
Rintangan yang bersifat Teknis, antara lain;
  1. Kurangnya sarana dan prasarana yang diperlukan oleh organisasi 
  2. Kondisi fisik yang tidak memungkinkan terjadinya komunikasi yang efektif.
Rintangan Perilaku
Rintangan Perilaku, seperti;
  1. Pandangan yang bersifat apriori 
  2. Prasangka yang didasarkan kepada emosi 
  3. Suasana yang otoriter 
  4. Ketidakmauan untuk berubah 
  5. Sifat yang ego-sentris
Rintangan Bahasa
Yang dimaksud bahasa disini adalah semua bentuk yang dipergunakan dalam penyampaian berita, yaitu bahasa lisan, bahasa tertulis, gerak-gerik dan sebagainya. Bahasa yang dipergunakan menunjukkan tingkat intelektualitas seseorang, sehingga orang cenderung menggunakan bahasa yang tinggi, tanpa menhiraukan kemampuan orang yang diajak berbicara, sehingga menimbulkan salah pengertian (miscommunication)
Rintangan Struktur
Rintangan struktur dapat disebut juga rintangan organisasi, yaitu rintangan yang disebabkan oleh adanya perbedaan tingkat, perbedaan pekerjaan atau tugas dalam suatu organisasi. Kadang-kadang seorang bawahan merasa takut, atau merasa malu apabila berinteraksi dengan pimpinannya bila pimpinan yang bersangkutan adalah seorang yang berwibawa dan disegani. Karena adanya rasa malu, maka komunikasi antara bawahan dengan atasan tidak dapat berjalan seperti yang diharapkan.
Rintangan Jarak
Rintangan jarak disebut juga rintangan geografis. Dari segi jarak atau geografis, komunikasi akan lebih mudah berlangsung apabila antara kedua belah pihak yang sedang mengadakan interaksi itu berada disuatu tempat yang tidak berjauhan. Akan tetapi, tidak selamanya para karyawan/pegawai itu berada disuatu tempat tertentu. Apabila suatu organisasi mempunyai cabang-cabang yang tersebar diberbagai tempat atau wilayah komunikasi dalam organisasi itu mengalami kesulitan apabila tidak ditunjang dengan peralatan komunikasi yang memadai. Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan berita yang disampaikan.
Rintangan Latar Belakang
Setiap orang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Perbedaan latar belakang dapat menimbulkan suatu rintangan dalam proses komunikasi ringtangan latar belakang dapat diibedakan menjadi;
  1. Latar belakang sosial 
  2. Latar belakang pendidikan
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar