Aspek Penilaian Kredit

Terdapat aspek-aspek penilaian kredit yang harus diperhatikan. Dalam melakukan analisis kredit, penilaian terhadap beberapa aspek yang menyangkut kegiatan usaha calon debitur sangat penting untuk diperhatikan yang menyangkut (Kasmir,2002):
Aspek Pemasaran
Merupakan penilaian yang menyangkut kemampuan daya beli masyarakat (purchasing power), kompetisi, pangsa pasar dan kualitas produksi. Faktor-faktor ini akan mempengaruhi perkembangan usaha debitur, oleh karena itu, analisis pemasaran perlu dilakukan untuk melihat kondisi pasar saat ini maupun masa yang akan datang yang meliputi jumlah penawaran dan kemampuan pasar menyerap produk debitur.
Aspek Teknis
Yang meliputi kelancaran produksi, kapasitas produksi, mesin-mesin dan peralatan, ketersediaan dan kontinuitas bahan baku. Disamping itu, kualitas tenaga kerja yang dimiliki fasilitas teknis yang ada cukup mempengaruhi penilaian aspek teknis yang ada.
Aspek Manajemen
Merupakan penilaian terhadap struktur organisasi dan anggota-anggota manajemen termasuk kemampuan dan pengalamannya serta pola kepemimpinan yang diterapkan oleh top manajemen, apakah pengelolaan dan kepengurusan perusahaan ada tanda-tanda one man show management.
Aspek Yuridis
Antara lain meliputi status hukum badan usaha, misalnya akte pendirian yang telah disahkan oleh yang berwenang, legalitas usaha meliputi kelengkapan ijin usaha dan yang cukup penting adalah bagaimana legalitas barang-barang jaminan.
Aspek Sosial Ekonomi
Untuk mengetahui apakah usaha yang akan dibiayai dengan kredit bank tersebut diterima atau memberi dampak positif atau negatif terhadap lingkungan masyarakat setempat. Jadi perlu diperhatikan apakah proyek tersebut mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat atau mungkin bertentangan dengan nilai-nilai sosial dan agama masyarakat setempat.
Aspek Finansial
Meliputi keadaan keuangan perusahaan debitur yang akan dibiayai. Untuk melakukan penilaian keadaan keuangan ini perlu diperoleh data-data mengenai laporan keuangan, arus dana, realisasi produksi, pembelian dan penjualan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar