Pengertian Kualitas Hidup

Mc Carney & Lason (1987, dalam Yuwono, 2000) memberikan pengertian kualitas hidup sebagai derajat kepuasan hati karena terpenuhinya kebutuhan ekternal maupun persepsinya. WHO (1994, dalam Desita, 2010) kualitas hidup didefinisikan sebagai persepsi individu sebagai laki-laki atau perempuan dalam hidup, ditinjau dari konteks budaya dan sistem nilai dimana mereka tinggal, dan hubungan dengan standart hidup, harapan, kesenangan, dan perhatian mereka.
Hal ini dipadukan secara lengkap mencakup kesehatan fisik, psikologis, tingkat kebebasan, hubungan sosial dan hubungan mereka dengan segi ketenangan dari lingkungan mereka.
Menurut Suhud (2009) kualitas hidup adalah kondisi dimana pasien kendati penyakit yang dideritanya dapat tetap merasa nyaman secara fisik, psikologis, sosial maupun spiritual serta secara optimal memanfaatkan hidupnya untuk kebahagian dirinya maupun orang lain. Kualitas hidup tidak terkait dengan lamanya seseorang akan hidup karena bukan domain manusia untuk menentukannya. Untuk dapat mencapai kualitas hidup perlu perubahan secara fundamental atas cara pandang pasien terhadap penyakit gagal ginjal terminal (GGT) itu sendiri.

3 Komentar

  1. mohon infonya, tinjauan literatur untuk kualitas hidup ada di buku apa ya ? trimakasih

    BalasHapus
  2. iya,saya juga mencari buku tentang kualitas hidup.ada ga ya?

    BalasHapus
  3. ada banyak, coba lihat di buku psikologi lingkungan

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال