Cara Menghilangkan Stress

Bagaimana cara menghilangkan stress? Mungkin ini adalah pertanyaan yang paling sering diajukan oleh orang-orang yang sedang mengalami stress. Cara menghilangkan stress yang paling ampuh adalah menghilangkan sumber stess itu sendiri. Tapi menghilangkan sumber stress itu adalah hal yang sulit, bahkan terkadang mustahil untuk menghilangkan sumber stress itu. Misalnya stress yang diakibatkan karena pekerjaan, ada dua pilihan antara meninggalkan pekerjaan yang membuat stress, atau menikmati stress yang dihadapi karena pekerjaan.
Sebenarnya, tidak semua stress berakibat negatif, bahkan beberapa sumber stress akan berakibat positif jika sumber stress tersebut bisa di control. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen diri menghadapi stress sangat penting. Jika seseorang tidak pernah menghadapi stress, kemungkinan orang tersebut tidak akan berkembang dan mempunyai kemampuan lebih dari apa yang dimilikinya sekarang. Orang yang bisa menantang stress dan memilik manajemen diri yang kuat, akan menjadi pribadi yang sukses.
Dibawah ini akan diberikan tips-tips cara menghilangkan stress, tetapi lebih tepatnya cara mengurangi dampak negatif dari stress.
Isterahat
Istirahat yang cukup jangan sampai kekurangan tidur karena denga tidur yang cukup akan membantu Anda merasa segar dan menjadi produktif terhadap pekerjaan Anda dan tanggung jawab. Ini akan membantu membersihkan pikiran dan objektif  dalam menganalisa sebuah masalah.
Menyusun Kembali Penilaian
Ini berarti mencari arti yang berbeda, sudut pandang yang berbeda-beda baik pro maupun ko, peluang-peluang pelajaran yang dapat kita pelajari. Kemampuan menciptakan keberuntungan  dengan tiba-tiba atau kata lain latar yang berbeda. Pengalaman apapun akan  menciptakan rasa senang atau tidak senang tergantung bagaimana merasakannya.
Relaksasi dan menarik nafas dalam-dalam
Teknik ini mudah dilakukan dengan beberpa cara misalnya meditasi, yoga, dan olah raga.
Proyeksikan emosi
Cobalah untuk meproyeksikan emosi yang sedang dihadapi. Misalnya misalnya dengan berrbagi pemikiran dengan orang-orang yang anda percayai yang netral dalam melihat permasalahan sehingga anda dapat mendapatkan saran, nasehat yang orisinil tanpa dipengaruhi ego dan kepentingan
Visualisasi
Yaitu mengenang memori kita yang menyenangkan, sehingga terlupakan hal-hal yang menyedihkan, menyakitkan, dan hal-hal yang membuat kita tidak merasa enak.
Mengendalikan dorongan hati
Karakteristik emosi ini yang memperbolehkan seseorang menunda kesenangan. Tes Marshmallow yang terkenal, menggambarkan pengaturan emosi atau mengendalikan keadaab dengan baik.
Mengelola suasana hati (mood)
Yaitu meliputi kecakapan tentang tenang, menghilangkan kegelisahan, kesedihan, atau sesutau yang menjengkelkan.
Mengungkapkan dan mengelolah emosi
Mengelola emosi tidak berarti menekan perasaan. Menurut Aristoteles, setiap orang memunculkan rasa marah itu mudah, tetapi untuk marah kepada orang yang tepat, pada tingkat yang tepat, waktu, tujuan, dan dengan cara yang tepat itu tidak mudah.
Mengalihkan perhatian
Cobalah untuk relaksasi dengan melakukan hobby anda seperti mendengar musik, menonton film, membaca, melukis, bercanda dengan teman-teman dan apapun yang dapat membantu menenangkan anda dan memberi suasana hati yang kondusif.

1 Komentar

  1. makasih mas tipsnya,,,,
    proyeksi emosi oke juga nih :)
    salam kenal :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال