Organisasi PAFI Yogyakarta, Informasi dan Solusi Kefarmasian

 

Organisasi PAFI Yogyakarta merupakan salah satu pengurus cabang Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Yogyakarta. PAFI Yogyakarta hadir sebagai wadah untuk memberikan informasi dan solusi kefarmasian bagi anggota maupun seluruh kalangan masyarakat.

Sejak pertama kali didirikan, PAFI Yogyakarta berkomitmen untuk memberikan layanan pengaduan hingga keluhan kefarmasian. Selain itu, siap dalam menyediakan pelayanan informasi obat secara tepat dan akurat.

Mengenal Organisasi PAFI Yogyakarta

Sejak tanggal 17 Agustus 1945, bertepatan dengan Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) sudah berdiri. Demi mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi bangsa Indonesia, PAFI saling bahu membahu dengan semua golongan masyarakat untuk menumpas penjajah dari Ibu Pertiwi.

PAFI turut berperan aktif menjadi garda terdepan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tak hanya itu, PAFI juga ikut andil dalam memajukan pembangunan bangsa dan negara.

Sejarah PAFI yang panjang, membuktikan jika organisasi kefarmasian ini berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. Bahkan, PAFI tidak pernah absen dalam tugasnya memperjuangkan pembangunan negara.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) terus berupaya untuk menjalankan fungsi dan tugas keseharian dengan sebaik-baiknya. Namun, tidak pernah lupa untuk berperan aktif dalam meningkatkan taraf kesejahteraan umum, khususnya bidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Meski sudah berperan aktif sejak 1945, pembentukan PAFI secara resmi dilakukan pada 13 Februari 1946. Organisasi tersebut kemudian dikenal sebagai Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Saat itu, pembentukan PAFI berfungsi sebagai tempat untuk menghimpun semua tenaga yang mengabdi dan berkarya di bidang farmasi.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang kian maju, PAFI telah menunjukkan banyak perubahan besar. Saat ini, PAFI telah membentuk sejumlah cabang di beberapa provinsi untuk mengembangkan dan memajukan tujuan organisasi. Salah satunya adalah organisasi PAFI Yogyakarta.

Demi menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik, organisasi PAFI beserta para pengurusnya berkedudukan di wilayah NKRI dengan mengutamakan asas Pancasila. Organisasi kefarmasian ini menjadi organisasi profesi yang bersifat kekeluargaan, kekaryaan dan pengabdian.

Tujuan Organisasi PAFI Yogyakarta

Sebagai organisasi yang didirikan di atas kepentingan bersama, PAFI Yogyakarta memiliki tujuan besar. Adapun tujuan PAFI Yogyakarta antara lain:

  1. Mewujudkan bangsa yang adil dan makmur sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi semua golongan masyarakat Indonesia.
  3. Meningkatkan dan memajukan pembangunan farmasi di Indonesia.
  4. Meningkatkan kesejahteraan anggota PAFI.

Kepengurusan Organisasi

PAFI Yogyakarta dapat berjalan sesuai tujuan karena memiliki kepengurusan yang sistematis dan terstruktur. Jabatan atau posisi kepengurusan disusun berdasarkan kebutuhan organisasi.

Selain itu, anggota PAFI yang mengemban tugas dan tanggung jawab pada posisi tersebut sangat kompeten. Berikut ini adalah struktur kepengurusan organisasi masa bakti 2022 – 2027.

  • Ketua: Ida Ayu Made Manuastiniari, A. Md. Farm.
  • Wakil Ketua: I Made Pasek Swarya Yasa, A. Md. Farm.
  • Bendahara: Ni Nyoman Noni, Amd. Farm.
  • Sekretaris I: Erlina Dwi Handayani, A. Md. Farm.
  • Sekretaris II: Ni Komang Ristayani
  • Seksi Organisasi: I Komang Harris Wijaya, A. Md. Farm.
  • Seksi Pendidikan: Dewa Gede Andika Pramartha
  • Kemudian, Seksi Usaha & Kesejahteraan: Ni Nyoman Trisna Ayu Andani
  • Seksi Informasi dan Teknologi: Ni Made Erlina Widyasari, A. Md. Farm.

Organisasi PAFI Yogyakarta tidak hanya memberikan kontribusi dalam bentuk pikiran, tenaga dan tekad yang kuat untuk memajukan kefarmasian Indonesia. Namun, juga berkarya dengan mengeluarkan produk atau merchandise. Sebut saja, atribut PAFI, aneka topi PAFI, aneka sirup herbal tradisional, hingga aneka sambal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال