Organisasi PAFI Mempawah, Ujung Tombak Pelayanan Kefarmasian

 

Tenaga teknis kefarmasian mempunyai sumbangsih untuk meningkatkan derajat kesehatan. Bahkan menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam pelayanan kefarmasian. Salah satu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) yang menjadi aset tenaga kesehatan di tanah air adalah Pengurus Cawang Mempawah. Berikut akan kita ulas organisasi PAFI Mempawah https://pafimempawah.org selengkapnya.

Farmasi merupakan salah satu dari bidang kesehatan yang mempelajari segala sesuatu tentang obat-obatan. Kemudian memastikan keamanan dan efektivitas obat yang digunakan oleh masyarakat sebagai upaya untuk penyembuhan penyakit. Sehingga harus mempunyai tenaga yang berkompetensi sesuai dengan standar yang ada.

Ulas Organisasi PAFI Mempawah Selengkapnya

PAFI menjadi wadah yang menghimpun semua tenaga atau bakti karya bidang kefarmasian. Organisasi ini terbentuk sejak tahun 1946 silam di Yogyakarta.

Sebelumnya, sudah ada ahli farmasi Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan NKRI 17 Agustus 1945. Organisasi ini berjuang dan membaur dengan semua golongan masyarakat dalam rangka melawan penjajahan di tanah air. Kemudian turut mempertahankan kemerdekaan tersebut dan ikut serta dalam pembangunan, baik masyarakat maupun negara.

Dengan demikian, terkait ulas organisasi PAFI Mempawah (https://pafimempawah.org/), ini termasuk salah satu potensi pembangunan dalam memperjuangkan pembangunan negara.

Turut membangun sesuai dengan fungsinya, para ahli farmasi Indonesia ini ikut mempertinggi taraf kesejahteraan umum. Terutama di bidang kesehatan masyarakat Indonesia dan farmasi. Untuk kedudukan dari Pengurus Pusat PAFI ada di wilayah NKRI yang berasaskan Pancasila.

Tujuan PAFI

Awal mulanya, PAFI merupakan kumpulan komunitas dari Asisten Apoteker. Namun seiring berjalannya waktu, organisasi ini berevolusi dan tampil sebagai organisasi profesi farmasi dengan basis TTK/Tenaga Teknis Kefarmasian. Meliputi Sarjana Farmasi, Ahli Madya Analis Farmasi, Madya Farmasi. Selain itu juga kumpulan dari Asisten Tenaga kefarmasian.

Tenaga teknis farmasi ini dituntut selalu update perkembangan ilmu kefarmasian. Bahkan termasuk pemutakhiran informasi sesuai dengan regulasi yang berlaku, tingkat nasional maupun internasional.

Wadah organisasi perjuangan ini mempunyai tujuan yang mulia. diantaranya adalah:

  • Mewujudkan masyarakat adil makmur berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila
  • Mewujudkan derajat kesehatan lebih optimal bagi masyarakat Indonesia
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota
  • Turut serta mengembangkan dan meningkatkan berbagai pembangunan farmasi Indonesia.

Pemberdayaan PAFI

Perjuangan PAFI fokus pada pemberdayaan para tenaga ahli farmasi, sehingga dapat mengabdi penuh tanggung jawab dan menjalankan tugas dengan baik. Sehingga tugas sebagai tenaga kefarmasian dapat dilakukan secara profesional.

PAFI dituntut dapat beradaptasi terhadap segala tuntutan perubahan. Maka dari itu, harus selalu meningkatkan keberdayaan SDM organisasi dalam berbagai jenjang. Bahkan komunikasi yang berkualitas dalam organisasi sangat penting. Tenaga farmasi harus senantiasa siap dan mempunyai kompetensi yang sesuai dengan standar profesi untuk tenaga kefarmasian.

Pasalnya, salah satu komitmen PAFI adalah upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan. Selain itu juga ikut andil dalam memajukan sektor farmasi Indonesia. PAFI menjamin ketersediaan obat yang berkualitas dan aman untuk masyarakat. Kemudian secara ketat melakukan kontrol dan pengawasan serta memastikan masyarakat Indonesia dapat akses perawatan kesehatan sesuai standar.

Tidak hanya itu, PAFI juga terlibat dalam pengembangan ilmu farmasi di tanah air. Mendukung penuh riset dan pengembangan untuk melakukan berbagai inovasi dan kemajuan di bidang farmasi. Untuk para anggotanya pun selalu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terkini agar dapat memberikan pelayanan terbaik.

Melalui ulas organisasi PAFI Mempawah https://pafimempawah.org, masyarakat dapat secara mudah mengakses informasi terkini terkait program, kegiatan dan inisiatif Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Yakni untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia. PAFI ini menjadi contoh yang real dari dedikasi dan komitmen terhadap kesehatan Indonesia dan kemajuan farmasi. Secara signifikan turut berkontribusi terhadap visi negara yang adil, sehat dan berkelanjutan. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال