Bahaya dan Cara mengatasi Ketergantungan Narkoba pada Pengguna

 

Tempat rehabilitasi narkoba tentunya menjadi tempat yang paling tepat untuk mengatasi ketergantungan obat-obatan terlarang atau narkoba. Sebenarnya narkoba berfungsi sebagai obat untuk menenangkan dan menghilangkan rasa nyeri. Namun ternyata tidak sedikit orang yang malah menyalahgunakan bahan narkotika tersebut.

Narkoba atau narkotika bisa menimbulkan efek halusinasi, penurunan kesadaran, dan efek lainnya pada para penggunanya. Obat ini juga bisa memberikan efek kecanduan pada penggunanya sehingga ia sulit dihentikan untuk menggunakannya. Narkotika sendiri terbagi menjadi tiga jenis yang berbeda berdasarkan golongannya.

Golongan 1 hanya dibolehkan untuk keperluan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sabu, heroin, morfin, ganja, dan kokain. Golongan 2 adalah bahan baku untuk produksi obat namun menjadi pilihan terakhir pengobatan seperti fentanil, betametadol, morfin, dan metadon. Terakhir golongan 3 untuk membantu rehabilitasi seperti kodein dan difenoksilat.

Dampak Buruk Ketergantungan Narkoba dan Cara Mengatasinya di Tempat Rehabilitasi Narkoba

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan narkoba bisa membuat kecanduan. Biasanya orang yang kecanduan narkoba akan memiliki gejala seperti harus menggunakan obat secara teratur, keinginan kuat untuk mengonsumsi narkoba, hidupnya terfokus pada narkoba, berusaha selalu memiliki ketersediaan narkoba, dan lainnya.

Ketergantungan narkoba tentunya memiliki banyak dampak yang buruk. Misalnya menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek atau panjang, bahkan menyebabkan kematian. Menyebabkan perubahan perilaku, penurunan kinerja di tempat kerja, memicu masalah keuangan, meningkatkan keinginan bunuh diri, dan lain sebagainya.

Dampak di atas menunjukkan jika narkoba bukan hanya merugikan kesehatan tubuh, namun juga berdampak pada kehidupan sosial pengguna. Karena sangat berbahaya tentunya kecanduan terhadap narkoba harus dihentikan secepatnya. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti rehabilitasi agar bisa terlepas sepenuhnya dari narkoba.

Tempat rehabilitasi narkoba menjadi pilihan yang paling tepat bagi pecandu narkoba agar bisa terbebas dari obat-obatan terlarang dan menuju ke kehidupan yang lebih baik. Program rehabilitasi ini tentunya membutuhkan proses dan waktu untuk pulih serta niat yang kuat dari dalam diri pecandu dan juga dukungan kuat dari pihak keluarga.

Ashefa Griya Pusaka menjadi pilihan paling tepat sebagai pusat rehabilitasi narkotika. Tempat ini mengusung 3 tahap rehabilitasi yaitu pulih, pengembangan diri, dan produktif. Tahapan pertama pulih yaitu pemulihan pasien dari ketergantungan narkoba. Tahap kedua pengembangan diri yaitu penggalian potensi pasien.

Nantinya potensi tersebut bisa dikembangkan agar pasien memiliki kelebihan yang dapat dimanfaatkan dalam tahap produktif. Tahap terakhir yaitu produktif yang mana pasien diharapkan bisa menjalankan fungsi sosialnya kembali di tengah masyarakat. Dengan rehabilitasi narkoba maka pasien bisa memiliki kesempatan hidup lebih baik kedepannya.

Kelebihan

Ashefa Griya Pusaka ini berbentuk rumah atau bangunan dengan berbagai fasilitas penunjang untuk pasien agar fokus menjalankan program rehabilitasinya. Tempat ini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia Misalnya terdapat diantaranya terdapat di Jakarta, Bandung, Cirebon, dan Bali.

Tempat rehabilitasi di Jakarta terdapat di Bangka yang memiliki fasilitas Premium dengan beberapa kelas yaitu VIP, VVIP, dan Suite serta hanya melayani 6 pasien saja. Kemudian tempat lainnya di Antasari yang menampung hingga 40 pasien dan terakhir di Cengkareng yang mampu menangani pasien hingga 60 orang.

Kemudian di Bandung tempatnya di Kota Bandung memiliki kapasitas hingga 50 pasien. Selanjutnya untuk cabang di Cirebon mampu menampung hingga 40 orang. Terakhir di Bali tempatnya di Denpasar yang mampu menangani hingga 40 pasien. Setiap tempat rehabilitasi narkoba tersebut tentunya menawarkan berbagai kelebihan.

Kelebihan dari tempat rehabilitasi ini yaitu menawarkan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Misal terdapat kolam renang, free WiFi, makan 3 kali, ruangan ber-AC, smoking area, dan lain sebagainya. Kemudian memiliki tahapan rehabilitasi yang terstruktur, programnya sangat tepat untuk pemulihan pasien, memiliki tim profesional.

Selanjutnya kerahasiaan data pasien sangat terjaga dan layanan medis dilakukan secara berkala selama 24 jam. Tempat ini juga telah memiliki izin dari kementerian terkait untuk proses rehabilitasi serta mempekerjakan tenaga ahli khusus yang berpengalaman dan tersertifikasi untuk menangani pasien ketergantungan narkotika.

Dengan berbagai kelebihan tersebut tentunya Ashefa Griya Pusaka menjadi tempat rehabilitasi yang paling tepat bagi pecandu untuk melepaskan diri dari narkotika.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال