Sejarah WPPSI (Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence)

WPPSI (Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence) adalah sebuah tes kecerdasan (intellegence) yang dirancang untuk anak usia 2 tahun 6 bulan sampai 7 tahun 3 bulan, yang diciptakan oleh David Wechsler. Alat tes WPPSI bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak secara keseluruhan serta dapat juga digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik keterlambatan atau kesulitan anak tersebut. Domain ini mencakup pemahaman verbal, pengetahuan faktual, penalaran abstrak, kemampuan visual-spasial dan memori jangka pendek. penilaian Intelektual merupakan indikasi yang baik potensi akademik anak.

Pada awalnya dikembangkan sebagai sebuah alat pengukuran kecerdasan untuk anak usia 4-6 tahun dalam respon peningkatan kebutuhan untuk anak usia prasekolah. WPPSI dibagi menjadi 11 subtes, yang semuanya ditahan dalam revisi tahun 1989. Sejak publikasi pertamanya, WPPSI telah direvisi dua kali, pada tahun 1989 dan 2002 diikuti oleh versi United Kingdom yahun 2003.

WPPSI-R diperluas cakupannya dengan rentang usia 3-7 tahun 3 bulan dan diperkenalkan sebuah subtes yang baru, perkumpulan objek (Object Assembly). WPPSI-III dipublikasikan oleh Harcourt Assesment, sebuah revisi dari WPPSI-R (Wechsler, 1989). WPPSI-III menggabungkan nomor-nomor yang berubah secara signifikan. Subtes tambahan telah dirancang untuk mempertinggi ukuran dari sebab yang berubah-ubah (Fluid Reasoning) (lihat Carol, 1997), antara lain; sebab acuan (Matrix Reasoning), konsep gambar (Picture Concept) dan sebab kata (Word Reasoning). Ukuran dalam kecepatan memproses juga telah didasari dari WISC-III, diadaptasi untuk digunakan anak yang lebih muda dan mencakup sebagai sebuah subtes yang baru (Coding & Symbol Serach).

Alat tes WPPSI dilakukan secara individual, alat tes ini sering digunakan oleh psikolog dan diakui oleh dunia. Hasil tes IQ anak peringkat terhadap sampel yang sangat besar anak-anak usia yang sama. Jika skor anak di atas 5% untuk kelompok usia mereka adalah beralasan untuk mengharapkan mereka akan melakukan dalam 5% atas akademis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال