Pengertian Tes Hexaco

Variabel kepribadian HEXACO menggunakan skala Brief HEXACO Inventory (BHI) yang dikembangkan oleh (Vries, 2013) yang menyederhanakan The HEXACO-60 A Short Measure (Ashton & Lee, 2009) yang terdiri dari 60 item. De Vries (2013) menyederhanakannya menjadi 24 item pertanyaan yang mencakup enam aspek, yaitu:

  1. Honesty-Humility
  2. Emotionally
  3. Extraversion
  4. Agreeableness
  5. Conscientious
  6. Openess to Experience

Pemberian skor pada skala kepribadian HEXACO menggunkanan 5 skala likert dengan 1 sangat tidak setuju hingga 5 sangat setuju.

Menurut Ashton dan Lee (2007) hexaco personality merupakan struktur kepribadian yang terdiri terdiri dari enam dimensi yaitu Honesty-Humility (kejujuran dan kerendahan hati) (H), Emotionality (emosional) (E), Extraversion (kenyamanan) (X), Agreeableness (keramahan) (A), Conscientiousness (kesadaran) (C), dan Openness to Experience (keterbukaanterhadap pengalaman). Setiap faktor terdiri dari sifat-sifat dengan karakteristik yang menunjukkan tingkat tinggi dan rendah dari faktor.

Model HEXACO dikembangkan melalui metode yang mirip dengan taksonomi sifat lain dan dibangun di atas karya Costa dan McCrae dan Goldberg. oleh karena itu, terbagi dalam beberapa elemen umum dengan model ciri lainnya. Namun, model HEXACO adalah unik terutama karena penambahan dimensi kejujuran dan kerendahan hati.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال