Jenis-jenis Tes TIKI (Tes Intelegensi Kolektif Indonesia)

Tes TIKI (Tes Intelegensi Kolektif Indonesia). diciptakan berdasarkan kerja sama antara Indonesia dan Belanda, yang dikembangkan di Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Tujuan daridibuatnya tes ini adalah untuk melihat standar intelegensi di Indonesia serta membuat alat tes intelegensi yang berdasarkan norma Indonesia.

Tes ini terdiri dari tiga kelompok yaitu TIKI dasar untuk Sekolah Dasar sampai SMP kelas II, TIKI menengah untuk siswa SMP kelas III dan SMA dan TIKI tinggi untuk mahasiswa dan orang dewasa. Tes ini dapat diberikan secara individual dan kelompok. 

TIKI Dasar (TIKI – D)

TIKI Dasar merupakan tes intelegensi yang paling awal dari ketiga tes yang ada. Tes intelegensi ini diperuntukan untuk anak-anak yang ada pada tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama kelas dua. TIKI Dasar mengukur intelegensi dengan berhitung angka, penggabungan bagian, eksklusi gambar, hubungan kata, membandingkan beberapa gambar, labirin/maze, berhitung huruf, mencari pola, eksklusi kata dan terakhir mencari segitiga.

TIKI Menengah (TIKI – M)

TIKI Menengah merupakan alat tes intelegensi kedua dalam rangkai TIKI yang diperuntukkan untuk anak yang berada pada tingkat sekolah menengah pertama kelas tiga hingga sekolah menengah atas. Pada TIKI Menengah, peserta tes akan diminta untuk berhitung angka, penggabungan bagian, menghubungkan kata, eksklusi gambar, berhitung soal, meneliti, membentuk benda, eksklusi kata, bayangan cermin, berhitung huruf, membandingkan beberapa benda dan terakhir adalah pembentukan kata.

TIKI Tinggi (TIKI – T)

TIKI Tinggi menjadi ala tes intelegensi yang termasuk ke dalam rangkaian TIKI yang berada paling akhir dan memiliki tingkat kesusahan yang paling kompleks dalam TIKI. TIKI Tinggi sendiri diperuntukan bagi individu yang ada pada tingkat perguruan tinggi serta orang dewasa. Pada TIKI Tinggi, peserta tes akan diminta untuk berhitung angka, penggabungan bagian, menghubungkan kata, abstraksi non verbal, deret angka, meneliti, membentuk benda, eksklusi kata, bayangan cermin, menganalogi kata, bentuk tersembunyi dan terakhir adalah pembentukan kata

Tes TIKI sangat baik digunakan untuk anak – anak Indonesia, karena tes ini dibuat dengan berdasarkan norma Indonesia. Pemabgian jenjangpun sangat baik dan soal yang diberikan juga sesuai dengan kemampuan anak – anak dan orang dewasa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال