Pengertian Cumi-cumi

Cumi-cumi (Cephalopoda) adalah kelompok hewan Cephalopoda atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama Cephalopoda dalam bahasa Yunani berarti kaki kepala, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala. Seperti semua Cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda. Adanya struktur mantel yang kompleks dan mengandung kolagen yang tinggi menjadikan daging cumi-cumi mempunyai tekstur kenyal. Adanya lapisan-lapisan dalam mantel tersebut berpengaruh terhadap teknik penanganan, pengolahan, dan tekstur, bagian tubuh cumi-cumi yang dapat dimakan dibandingkan keseluruhan tubuhnya rata-rata mencapai 80% yang terdiri dari 50% bagian mantel, 30% bagian lengan, dan sisanya 20% dibuang, sedangkan untuk jenis ikan sebesar 40-70%. (Sarwojo,2005).

Cumi-cumi adalah binatang yang termasuk golongan Mollusca atau bertubuh lunak, kelas Cephalopoda yang menggunakan kepala untuk bergerak, kepala dikelilingi 8 atau 10 tentakel, dalam mulut terdapat bentuk seperti paruh burung yang kuat dan terdapat gigi kecil yang runcing dan tajam pada lidahnya.

Cumi-cumi Loligo sp. termasuk binatang lunak Phylum Mullusca dengan cangkang yang sangat tipis pada bagian punggung. Cumi-cumi tubuhnya lunak tetapi bisa dapat membentuk cangkang (Shell) dari kapur. Cumi-Cumi cangkangya hanya berupa kepingan kecil dan terdapat di dalam tubuhnya.

Cumi-cumi (Loligo sp.) yaitu memiliki badan bulat dan panjang, bagian belakang meruncing dan dikiri kanan terdapat sirip berbentuk segitiga yang panjangnnya kurang lebih 2/3, panjang badan. Sekitar mulut terdapat 8 tangan yang agak pendek dengan 2 baris lubang penghisap ditiap tangan dan 2 tangan yang agak panjang dengan 4 baris lubang penghisap. Terdapat tulang di bagian dalam dari badan, warna putih dengan bintik-bintik merah kehitam-hitaman sehingga kelihatan berwarna kemerah-merahan, panjang tubuh dapat mencapai 12-16 inci atau 30-40 cm. Badan Cumi-cumi licin dan tidak bersisik sehingga praktis seluruh tubunya dapat dimakan (Rodger, 2008).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال