Manfaat Kerang Bagi Manusia

Kerang (Bivalvia) telah berperan sebagai makanan manusia selama berabad-abad dan banyak pantai memiliki relik “tumpukan kerang”. Satu tumpukan tanah kuburan suku Indian di pantai San Francisco mengandung lebih dari 2,83 x 104 meter kubik kerang yang dibuang yang terakumulasi lebih dari waktu perkiraan 3.500 tahun. Amerika Serikat pertahun memanen lebih 75.000 kg tiram, remis besar, kerang dan kepah yang bernilai lebih dari $47.000.000. Penangkaran tiram alami yang bagus di perairan dangkal bernilai sangat tinggi dan individu muda (spat) ditanam secara teratur untuk menggantikan tiram dewasa yang diambil dengan penjepit atau kapal keruk.

Cangkang tiram yang hancur digunakan dalam pembangunan jalan dan makanan unggas serta hewan peliharaan yang lain. Berbagai jenis tiram digali dengan tangan dengan ditemukannya di tempat ada pembatasan ukuran, jumlah dan musim pengambilan tiram untuk mengonservasi stoknya.

Pada banyak kerang (Bivalvia), jika sejumlah kecil material tersangkut di antara mantel dan cangkang, selapis tipis lapisan cangkang (nakre) disekresikan di sekeliling objek tersebut untuk membentuk mutiara. Mutiara dapat berkembang pada remis besar air tawar atau pada tiramtiram tertentu, tetapi tipe yang paling bernilai terdapat di tiram laut Asia Timur. Orang Jepang secara buatan memperkenalkan partikel kecil di bawah mantel dan kemudian menyimpan Bivalvia tersebut dalam kurungan selama beberapa tahun sampai “kultur” mutiara terbentuk.

Kelompok Pelecypoda yang lainnya seperti tiram dari suku Osteridae banyak dimakan di Indonesia walaupun tidak merupakan hasil laut komersial. Jenis Crassostrea cuculata banyak dijumpai di akar-akar mangrove. Di luar negeri, seperti Singapura, Taiwan, Hongkong dan India tiram sudah merupakan makanan yang digemari dan mempunyai nilai ekonomi penting.

Di samping tiram, kima atau kerang raksasa dari suku Tridaenidae juga dimakan. Sebagai sumber makanan, dagingnya, terutama otot penutupnya, enak dimakan dan sudah diperdagangkan di mana-mana. Namun kima lebih dikenal cangkangnya daripada dagingnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال