Home » » Intellectual Disabilities (Kecacatan Intelektual)

Intellectual Disabilities (Kecacatan Intelektual)


Yang termasuk kecacatan intelektual (Intellectual Disabilities) pada klasifikasi ini adalah adalah:
  • Kecacatan Intelektual (Gangguan Perkembangan Intelektual)
  • Keterlambatan perkembangan umum
  • Kecacatan Intelektual Tidak Spesifik (Gangguan Perkembangan Intelektual)
KECACATAN INTELEKTUAL (GANGGUAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL)
Kriteria Diagnostik
Kecacatan intelektual (gangguan perkembangan intelektual) adalah gangguan dengan onset selama periode perkembangan yang mencakup defisit fungsi intelektual dan adaptif dalam ranah konseptual, sosial, dan praktis. Tiga kriteria berikut harus dipenuhi:
A. Defisit dalam fungsi intelektual, seperti penalaran, pemecahan masalah, perencanaan, pemikiran abstrak, penilaian, pembelajaran akademis, dan pembelajaran dari pengalaman, dikonfirmasi oleh penilaian klinis dan pengujian kecerdasan individual, terstandarisasi.
B. Defisit dalam fungsi adaptif yang mengakibatkan kegagalan untuk memenuhi standar perkembangan dan sosiokultural untuk kemandirian pribadi dan tanggung jawab sosial. Tanpa dukungan berkelanjutan, defisit adaptif membatasi fungsi dalam satu atau lebih kegiatan kehidupan sehari-hari, seperti komunikasi, partisipasi sosial, dan kehidupan mandiri, di berbagai lingkungan, seperti rumah, sekolah, pekerjaan, dan masyarakat.
C. Onset defisit intelektual dan adaptif selama periode perkembangan.
Catatan: Istilah diagnostik cacat intelektual adalah istilah yang setara untuk diagnosis gangguan perkembangan intelektual ICD-11. Meskipun istilah cacat intelektual digunakan di seluruh manual ini, kedua istilah tersebut digunakan dalam judul untuk memperjelas hubungan dengan sistem klasifikasi lainnya. Selain itu, undang-undang federal di Amerika Serikat (Hukum Publik 111 -256, Hukum Rosa) menggantikan istilah keterbelakangan mental dengan kecacatan intelektual, dan jurnal penelitian menggunakan istilah kecacatan intelektual. Dengan demikian, kecacatan intelektual adalah istilah yang umum digunakan oleh profesi medis, pendidikan, dan lainnya dan oleh kelompok awam dan kelompok advokasi.
Catatan pengkodean: Kode ICD-9-CM untuk kecacatan intelektual (gangguan perkembangan intelektual) adalah 319, yang diberikan terlepas dari tingkat keparahannya. Kode ICD-10-CM tergantung pada specifier keparahan (lihat di bawah).
Tentukan tingkat keparahan saat ini (lihat Tabel 1):
(F70) Ringan
(F71) Sedang
(F72) Parah
(F73) Hebat

Penentu
Berbagai tingkat keparahan didefinisikan berdasarkan fungsi adaptif, dan bukan skor IQ, karena fungsi adaptif yang menentukan tingkat dukungan yang diperlukan. Selain itu, ukuran IQ kurang valid di ujung bawah kisaran IQ.
KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN UMUM
KECACATAN INTELEKTUAL TIDAK SPESIFIK (GANGGUAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai