Home » » TINGKATAN WAWANCARA KLINIS

TINGKATAN WAWANCARA KLINIS

Yang dimaksud tingkatan disini adalah pembagian wawancara dalam praktik klinis mulai dari yang paling sederhana hingga kepada wawancara klinis paling kompleks. Berikut tingkatan wanwancara dalam klinis:
Tingkat sederhana yaitu wawancara pendahuluan yang sifatnya dangkal, sesuai keperluan dari isian check list psikologis / untuk pengisian formulir pemeriksaan.
Tingkat sedang yaitu wawancara klinis yang mengarah pada pemahaman adanya gejala, masalah yang ada pada diri klien (sesuai tampilan pasien/klien seperti rasa sedih, cemas, menangis, mimpi buruk, takut, diam saja, bicara sendiri dll.
Tingkat Kompleks yaitu wawancara klinis yang lebih mendalam untuk memahami gejala / permasalahan berat yang  mengganggu kehidupan pasien /klien, serta wawancara untuk melaksanakan intervensi / terapi/ treatmen psikologis yang diharapkan mampu memengaruhi perilaku klien/pasien sehingga perilaku yang terganggu berubah kearah perilaku normatif atau permasalahannya yang dirasakan berat dapat diatasi sehingga klien/pasien memiliki penyesuaian diri yang lebih baik atau lebih matang dan lebih dewasa dalam menghadapi kehidupannya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai