TINGKATAN WAWANCARA KLINIS

Yang dimaksud tingkatan disini adalah pembagian wawancara dalam praktik klinis mulai dari yang paling sederhana hingga kepada wawancara klinis paling kompleks. Berikut tingkatan wanwancara dalam klinis:
Tingkat sederhana yaitu wawancara pendahuluan yang sifatnya dangkal, sesuai keperluan dari isian check list psikologis / untuk pengisian formulir pemeriksaan.
Tingkat sedang yaitu wawancara klinis yang mengarah pada pemahaman adanya gejala, masalah yang ada pada diri klien (sesuai tampilan pasien/klien seperti rasa sedih, cemas, menangis, mimpi buruk, takut, diam saja, bicara sendiri dll.
Tingkat Kompleks yaitu wawancara klinis yang lebih mendalam untuk memahami gejala / permasalahan berat yang  mengganggu kehidupan pasien /klien, serta wawancara untuk melaksanakan intervensi / terapi/ treatmen psikologis yang diharapkan mampu memengaruhi perilaku klien/pasien sehingga perilaku yang terganggu berubah kearah perilaku normatif atau permasalahannya yang dirasakan berat dapat diatasi sehingga klien/pasien memiliki penyesuaian diri yang lebih baik atau lebih matang dan lebih dewasa dalam menghadapi kehidupannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال