Home » » PENGERTIAN GANGGUAN KEPRIBADIAN DEPENDEN

PENGERTIAN GANGGUAN KEPRIBADIAN DEPENDEN

Gangguan kepribadian dependen adalah sebagai suatu pola perilaku berupa kebutuhan berlebih agar dirinya dipelihara, yang menyebabkan seorang individu berperilaku submisif, bergantung kepada orang lain, dan ketakutan akan perpisahan dengan orang tempat ia bergantung, serta bersifat pervasif, berawal sejak usia dewasa muda dan nyata dalam berbagai situasi (Mangindaan, 2004).
Individu-individu dengan kepribadian dependen risau terhadap kesalahan, mendahulukan kepentingan orang lain tanpa peduli akibatnya terhadap dirinya sendiri atau identitasnya. Dengan selalu membantu dan memberi, mereka berkomitmen dengan hubungan pribadinya, khususnya terhadap pasangan hidupnya (Millon, 2004).
Gangguan kepribadian dependen adalah gangguan yang ditandai dengan sikap sangat pasif (“pasrah”) dan cenderung mengesampingkan kebutuhan mereka sendiri demi orang lain. Karena kurangnya kepercayaan diri, mereka tidak bisa tegas dengan sikap sendiri dan mengharapkan orang lain untuk bertanggung jawab atas hidup mereka.

Sumber:
Mangindaan L. 2004. Gangguan Kepribadian. Dalam: Elvira SD, Hadisukanto G. Buku Ajar Psikiatri. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.
Millon, Theodore, dkk. 2004. Personality Disorder in Modern Life – Second Edition. Jhon Wiley & Sons. New Jersey.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai