Home » » PENGERTIAN PARAPHILIA

PENGERTIAN PARAPHILIA

Paraphilia adalah sekelompok gangguan yang mencakup ketertarikan seksual terhadap objek yang tidak wajar atau aktivitas seksual yang tidak pada umumnya. Dengan kata lain, terdapat deviasi (para) dalam ketertarikan seseorang (philia). Fantasi, dorongan atau perilaku harus berlangsung setidaknya selama 6 bulan dan menyebabkan distress. Seseorang dapat memiliki perilaku, fantasi, dan dorongan seperti yang dimiliki seorang paraphilia namun tidak didiagnosis menderita paraphilia jika fantasi atau perilaku tersebut tidak berulang atau bila tidak mengalami distress karenanya.
Banyak orang sering kali mengalami lebih dari satu paraphilia dan pola semacam itu dapat merupakan aspek gangguan kepribadian mental lain, sepertiskizofrenia, depresi, atau salah satu gangguan kepribadian.
Dari hasil survey di masyarakat, mengindikasikan bahwa sebagian besar pengidap paraphilia adalah laki-laki. Beberapa gangguan yang termasuk kedalam kelompok paraphilia diantaranya fetishisme, fetishisme transvestik, pedofilia, incest, voyeurisme, eksibisionisme, froteurisme, sadism dan masokisme seksual.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai