Home » » KLASIFIKASI DIAGNOSIS GANGGUAN JIWA

KLASIFIKASI DIAGNOSIS GANGGUAN JIWA

Klasifikasi diagnosis gangguan jiwa merupakan pedoman yang disepakati secara umum dalam mendiagnosa sebuah gangguan kejiwaan. Di Amerika, klasifikasi yang sering menjadi rujukan adalah klasifikasi yang dibuat oleh APA (American Psychiatric Association). Klasifikasi gangguan jiwa yang pertama kali di keluarkan oleh APA adalah DSM (Diagnostic Statistical Manual) pada tahun 1957 (atau biasa juga disebut DSM I). Saat ini (2013) DSM yang terakhir adalah hasil perbaikan dari DSM sebelumnya, dengan nama DSM-5tm  (Diagnostic Statistical Manual - Fifth Edition). DSM-5tm, ini mengandung berbagai perdebatan, karena banyak bagian yang kontroversial, sehingga beberapa negara dan praktisi kejiwaan belum dan enggan menggunakan acuan terbaru ini (DSM V).  
Secara Internasional, Klasifikasi gangguan jiwa terdapat dalam “International Classification of Diseases (ICD)” , yang mulai disusun tahun 1963 oleh WHO. Pada tahun 1965 di publikasikasin ICD-8. Publikasi terbaru adalah ICD-10 yang diterbitkan tahun 1992. Klasifikasi gangguan jiwa oleh ICD, ini banyak di pakai di negara-negara Eropa. Yang menjadi catatan pada ICD adalah bahwa, ICD memasukkan semua golongan gangguan termasuk gangguan jiwa, sehingga tidak spesifik hanya untuk gangguan jiwa saja.
Di Indonesia kalasifikasi gangguan jiwa di bahas dalam PPDGJ (Pedoman Penggolongan Diagnostik Gangguan Jiwa). PPDGJ I pertama kali dikeluarkan tahun 1973 oleh Depkes. Edisi dan revisi terakhir PPDGJ adalah PPDGJ III, yang mengacu pada DSM IV dan ICD 10.
Berikut histori revisi klasifikasi gangguan jiwa DSM dan PPDGJ:

DSM PPDGJ
(Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder) (Pedoman Penggolongan Diagnostik Gangguan Jiwa)
Edisi/ Revisi Tahun Keterangan Edisi/ Revisi Tahun Keterangan
DSM I 1957 106 PPDGJ I 1973 mengacu ICD 8
DSM II 1968 185 PPDGJ II 1983 mengacu DSM III dan ICD 9
DSM III 1974 265 PPDGJ III 1993 mengacu DSM IV dan ICD 10
DSM IV 1994 365
DSM IV-TR 2000 atas persetujuan dengan ICD - 9 CM (clinical modification)
DSM V 2003 (kontroversial)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai