Home » » DESAIN ALAT UKUR KOMITMEN DENGAN SKALA LIKERT

DESAIN ALAT UKUR KOMITMEN DENGAN SKALA LIKERT


Komitmen (commitment) menurut kamus Cambridge (dictionary.cambridge.org), adalah kesediaan untuk memberikan waktu dan energi untuk sesuatu yang diyakini, atau janji atau keputusan yang tegas untuk melakukan sesuatu. Sedangkan menurut Kamus KBBI, Komitmen adalah Perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu, tanggungjawab.
Konsep Komitmen menurut Christopher Agnew (2009) pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai niat untuk melanjutkan sebuah tindakan. Menurut Steers dan Porter (1983) arti komitmen adalah suatu keadaan dimana individu menjadi terikat oleh tindakannya sehingga akan menimbulkan keyakinan yang menunjang aktivitas dan keterlibatannya. Seringkali komitmen di lihat sebagai kekuatan yang mengikat individu untuk setuju atau sepakat mengenai tindakan yang relevan terhadap satu target atau lebih  (Cohen 2003).
Tingkat komitmen diartikan sebagai niat untuk bertahan dalam suatu hubungan, termasuk orientasi jangka panjang terhadap keterlibatan serta perasaan keterikatan psikologis (Arriaga & Agnew, 2001). Ketika orang semakin tergantung, maka cenderung mengembangkan tingkat komitmen yang kuat. Komitmen adalah keadaan psikologis yang secara langsung memengaruhi perilaku relasi sehari-hari yang berhubungan dengan efek kepuasan, alternatif, dan perilaku (Rusbult, 2011).
TIPOLOGI KOMITMEN
Agnew (2009) menjelaskan tiga tipologi komitmen menurut Johnson adalah sebagai berikut:
  1. Komitmen struktural atau perasaan bawah seseorang harus tetap dalam suatu hubungan. Komitmen Stuktural dibagi menjadi 4 (empat) aspek, yaitu: (a) Potensi alternatif untuk hubungan saat ini, (b) Tekanan sosial yang dirasakan untuk tetap dengan partner/pasangan/mitra, (c) Hubungan yang tidak bisa dipulihan yang diperoleh selama berhubungan, (d) Kesulitan yang diterima selama berhubungan
  2. Komitmen Moralatau perasaan bahwa seseorang seharusnya tetap menjalin suatu hubugan. Komitmen moral terdiri dari 3 (tiga) aspek, yaitu: (a) kewajiban moral untuk tidak memutus hubungan, (b)   Rasa kewajiban pribadi kepada pasangan/mitra, (c)     Kebutuhan untuk menjaga konsistensi dalam nilai-nilai umum dan keyakinan khusus seseorang
  3. Komitmen personal atau perasaan bahwa seseorang ingin tetap menjalin hubungan. Komitmen personal terdiri dari 3 (tiga) aspek, yaitu: (a) Daya tarik keseluruhan terhadap pasangan, (b)  Daya tarik hubungan itu sendiri, (c) Identitas relasional seseorang (sejauh mana seseorang memandang  hubungan sebagai bagian dari konsep dirinya)
KOMPONEN KOMITMEN
Komitmen menurupakan hal fundamental dalam membangungan sebuah hubungan. Komitmen oleh Finkel (2002) didefinisikan dalam tiga komponen, yaitu:
  1. Kecenderungan untuk tetap ada atau bertahan. Komponen komitmen yang paling primitif adalah kecenderungan untuk tetap bertahan atau keputusan untuk tetap bergantung. Kecenderungan untuk tetap ada adalah primitif karena tidak dengan cara yang langsung (baik secara teoritis atau operasional) melibatkan kepentingan temporal yang lebih besar maupun kepentingan interpersonal yang lebih besar.
  2. Orientasi jangka Panjang. Komponen komitmen kedua melibatkan kepentingan temporal yang lebih besar atau orientasi jangka panjang. Individu-individu dengan orientasi jangka pendek mungkin menerima hasil yang relatif bagus dengan berperilaku sesuai dengan kepentingan pribadi langsung. Dengan adanya orientasi jangka panjang, menyebabkan pasangan mengembangkan pola kerjasama timbal balik.
  3. Kepentingan pribadi atau kelekatan psikologis. Komponen komitmen ketiga melibatkan kepentingan pribadi yang lebih besar atau kelekatan psikologis, tergantung pada persepsi well-beingnya. Individu yang punya komitmen mungkin mengerahkan usaha untuk mempertahankan hubungan tanpa memperhitungkan balasan yang akan mereka terima. Jadi komitmen menginspirasi tindakan sepenuhnya yang lebih berorientasi pada orang lain.

DEFINISI OPERASIONAL
Komitmen adalah suatu bentuk atau keadaan yang disepakati oleh individu dengan dirinya atau dengan orang lain maupun organisasi, yang bersifat mengikat, dengan komponen-komponen yang terdapat didalamnya yaitu kecenderungan untuk tetap ada atau bertahan, orientasi jangka panjang, kepentingan pribadi atau kelekatan psikologis. Komponen – komponen komitmen ini diukur dengan menggunakan skala komitmen.
METODE PENGUMPULAN DATA
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode skala. Menurut Saifuddin Azwar (2002: 4) skala memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Stimulus berupa pertanyaan atau pernyataan yang tidak langsung mengungkap atribut yang hendak diukur melainkan mengungkap indikator perilaku dari atribut yang bersangkutan.
  2. Jawaban subyek merupakan sebagian dari banyak indikasi mengenai atribut yang diukur, sedangkan kesimpulan akhir sebagai diagnosis baru dapat dicapai bila semua item telah direspon.
  3. Respon subyek tidak diklasifikasikan sebagai jawaban benar-salah. Semua jawaban dapat diterima sejauh dijawab dengan jujur dan sungguh-sungguh. Hanya saja jawaban yang berbeda akan di intepretasikan berbeda.
Dalam penelitian ini menggunakan skala yaitu skala komitmen. Skala Likert memiliki lima alternatif jawaban yaitu ”sangat sesuai” (SS), ” sesuai” (S), ”Netral” (N),  ”tidak sesuai” (TS), dan ”sangat tidak sesuai” (STS). Skala komitmen menggunakan kuesioner dengan bentuk pernyataan yang diberikan kepada responden untuk pemilihan dan penggolongan responden penelitian.
Adapun cara pemberian nilai yang digunakan antara kelompok pernyataan yang mendukung (Favorable) dengan kelompok pernyataan yang tidak mendukung (Unfavorable) adalah sebagai berikut :
Skor Kategori Jawaban Skala Komitmen

Alternatif Jawaban
Favorable
Unfavorable
Sangat Sesuai (SS)
5
1

Sesuai (S)
4
2

Netral (N)
3
3

Tidak Sesuai (TS)
2
4

Sangat Tidak Sesuai (STS)
1
5



Skala Komitmen
Skala ini disusun berdasarkan komponen-komponen dasar yang membentuk komitmen menurut Finkel (2002) yaitu kecenderungan untuk tetap ada atau bertahan, orientasi jangka panjang, kepentingan pribadi atau kelekatan psikologis. Skala ini terdiri dari 12 item favorable dan 12 item unfavorable, sehingga total dari skala ini adalah 24 item. Untuk lebih jelasnya akan digambarkan dalam blue print Skala Komitmen, sebagai berikut :

Blue Print Skala Komitmen
No.
Komponen
No. Item
Jumlah
Favorable
Unfavorable
1
Kecenderungan untuk tetap ada atau bertahan
1, 7, 13, 19
4, 10, 16, 22
8
2
Orientasi jangka panjang
2, 8, 14, 20
5, 11, 17, 23
8
3
Kepentingan pribadi atau kelekatan psikologis
3, 9, 15, 21
6, 12, 18, 24
8
Jumlah Item
12
12
24



HASIL UJI COBA INSTRUMEN PENELITIAN

Uji Validitas Item
                                                                                               
Uji Validitas Skala Komitmen
No.
Komponen
No. Item
Jumlah
Favorable
Unfavorable
1
Kecenderungan untuk tetap ada atau bertahan
1*, 7*, 13*, 19
4, 10, 16, 22
8
2
Orientasi jangka panjang
2, 8, 14, 20*
5, 11, 17, 23*
8
3
Kepentingan pribadi atau kelekatan psikologis
3, 9, 15, 21
6, 12, 18, 24*
8
Jumlah Item
12
12
24
·         Item yang gugur


KESIMPULAN
Skala Komitmen yang di bahas dalam penelitian ini terdiri dari 24 item, dan setelah di uji validitas dan reliabilitasnya, terdapat 6 item yang gugur dan 18 item yang valid. Indeks Validitas pada item yang valid berada pada 0.248 sampai 0.569 dengan tingkat Reliabilitas 0.833.





DAFTAR PUSTAKA
Agnew, Christopher. 2009. Commitment, Theories and Typologies. Perdue University: Department of Psychological Sciences Faculty Publications.
Arriaga, Ximena B., Agnew, Christopher R. 2001. Being Committed: Affective, Cognitive, and Conative Components of Relationship Commitement. Perdue University: Society for Personality, paper 28.
Cohen, A. (2003). Multiple commitments in the workplace: An integrative approach. Mahway, New Jersey: Lawrence Erlbaum
Finkel, Eli J. Dealing With Betrayal in Close Relationship: Does Commitment Promote Forgiveness?. American Psychological Association: Jurnal of Personality and Social Psychology, Vol. 82, No.6, 956 – 974.
Rusbult, Carly E., Agnew, Christopher., Arriaga, Xinema. 2011. The Investment Model of Commitement Processes. Department of Psychological Sciences Faculty Publications. Paper 26.

Download:
Paper komitmen
Skala Komitmen
Data hasil penelitian
Olah data hasil penelitian
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai