Home » » Undangan Interview Paling Aneh, PT. Gedung Bank Exim, Hoaks & terindikasi Penipuan

Undangan Interview Paling Aneh, PT. Gedung Bank Exim, Hoaks & terindikasi Penipuan

Sekedar share sedikit, saya barusan mendapat, panggilan interview via email dan konfirmasi panggilan via SMS. Banyak kejanggalan yang terdapat pada Undangan Interview tersebut.
Lebih jelasnya, sebelum saya kupas kejanggalan-jejanggalannya, undangan interviewnya, bisa di lihat disini…
Kejanggalan-kejanggalan itu antara lain:
  1. Alamat interview tidak jelas.  Disana tulis alamat interview Mandiri ATM KCP Denpasar Gajah Mada, Jalan Gajah Mada No.3. Padahal, setelah cross check di google, alamatnya adalah “Jl. Jend Gatot Subroto Kav 36-38 Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan DKI Jakarta, RT.1/RW.4, Karet Semanggi, Kota Jakarta Selatan. Pelaksanaan tesnya di Jakarta atau Bali?
  2. Nomor Telepon. Nomor telepon yang tertera (0361) 8354500. (0361), adalah nomor telepon area Bali. Apakah interviewnya dilakukan di Jakarta atau di Bali?
  3. Penanggung Jawab Recruitment. Sangat janggal, jika urusan recruitment karyawan harus tandatangan Direktur Utama dan Direktur. Apalagi diberi materai. Ada berapa materai yang habis, hanya untuk proses recrutiment karyawan? Apakah Direkturnya kurang kerjaan, sehingga harus mengurus proses pemanggilan calon karyawan?
  4. Reservasi Tiket. Apa I ya, harus pesan tiket ke Indotravel? Mungkin kalau dugaan saya betul bahwa ini adalah hoaks indikasi penipuan, Indotravel harus klarifikasi keterlibatannya.
  5. Posisi yang di lamar. Saya gak tahu, mengapa saya dipanggil, untuk posisi apa? Disurat panggilannya yang panjangnya semeter, masa hanya dijelaskan “Bersedia ditempatkan di wilayah operasi kami di seluruh Indonesia, Penggunaan Komputer (Min. word), Memiliki kemampuan & kompetensi inti yang mencakup, berorientasi keberhasilan, berpikir analitis, berorientasi keberhasilan pelanggan, keselamatan kerja dan lingkungan, serta kepekaan budaya & kepemimpinan”. Kalau skill nya hanya itu, anak SD sekarang juga sudah bisa.
  6. Setelah kami cross check di google, beberapa lowongan yang sama (atas nama PT. Gedung Bank Exim) sudah di Pasang di Jobstreet. Bahkan surat panggilan interview juga menggunakan logo Jobstreet di bagian footer. Kami mohon pihak Jobstreet untuk memberikan klarifikasi, agar anggapan kami bisa di counter.

Dari beberapa kejanggalan di atas, saya memberikan kesimpulan sementara:
  • Ini adalah model penipuan, berkedok lowongan kerja. Dengan modus Pesan Tiket (Reservasi Tiket). Bahkan beberapa kasus, banyak yang dimintai uang.
  • Indikasi kesimpulan nomor 1 (satu) diatas diperkuat dengan menyamarkan alamat interview. Jakarta atau Bali?
  • Yang membuat lowongan bukan profesional HRD/recruitment. Orang profesional tidak akan membuat surat Undangan Interview seperti ini. Boros, kaku dan tidak efisien. Bahkan terlihat culunk.
  • Dilihat dari jenis tesnya, bukan orang Psikologi. Alhamdllh. Jaga Marwah Profesionalitas…

Oh, I ya, saya lupa. Alamat email dan telepon yang mengirimi saya email adalah:
Telepon : 0812 489 232 97
Kami menunggu, informasi dari Pihak PT. Gedung Bank Exim. Apakah ini dibuat oleh manajemen PT. Gedung Bank Exim atau mengatasnamakan PT. Gedung Bank Exim? Artikel ini akan kami hapus, jika ada counter jawaban yang meyakinkan, bahwa info dan undangan interview tersebut benar adanya, dan tidak ada indikasi penipuan dengan modus beli reservasi tiket.Selagi tidak ada recounter informasi, maka saya anggap bahwa info di atas adalah benar adanya.
Kami sangat konsen aware untuk sharing, karena banyaknya reader PSYCHOLOGYMANIA yang tertipu karena LOWONGAN KERJA HOAKS. Dimana orang-orang SUSAH cari kerja, segelintir orang memanfaatkan untuk penipuan. KEJAM, BEGIS & DZALIM dst.
Counter informasi ke email : psychologymania@gmal.com
Thanks

Admin
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai