Home » , » PROFIL KEPRIBADIAN TES WARTEGG

PROFIL KEPRIBADIAN TES WARTEGG

Ada 4 fungsi dasar menurut Wartegg yang dimiliki oleh manusia dengan intensitas yang berbeda-beda. Keempat fungsi dasar tersebut adalah Emosi, Imajinasi,Iintelek dan Aktivitas.  Empat fungsi dasar ini merupakan reduksi dari delapan 8 aspek kepribadian yang saling bertolak belakang. 8 (Delapan) aspek kepribadian ini merupakan kumpulan dari aspek-aspek kepribadian yang dikelompokkan. Aspek-aspek kepribadian yang diungkap pada tes Wartegg, bisa di baca disini…
4 (Empat) fungsi dasar tersebut dibagi menjadi 8 aspek/ tipe kepribadian yaitu:
Emotion
  1. Open atau Outgoing (extraversion): Individu berorientasi pada dunia luar dan mudah berhubungan dengan orang lain. Mereka biasanya penggembira, easy going dan bebas dari ketegangan, yang memudahkan penyesuaian dirinya tetapi cenderung membuat mereka secara emosionil agak datar. Aspek kepribadian yang menyusunnya adalah Animate, Physiognami, Expanded, Curve dan Casual.
  2. Seclusive (introversion) : Kurang berorientasi pada lingkungan di luar dirinya, perhatiannya lebih terarah pada dirinya sendiri, cenderung melihat sesuatu dari sudut pandang dan sikap pribadi, sangat sensitive dan mudah menjadi terlalu sensitive atau depresi. Aspek kepribadian yang menyusunnya adalah Inanimate, Atmosphere, Soft, Symetry, Asymetrical, Shading, Phantasm, Scribbing, dan Schematic.
Imagination
  1. Combinative: Tipe combining mengambil materi langsung dari sekelilingnya dan diorganisir sesuai dengan standar yang obyektif serta menghasilkan bentuk yang sesuai dengan dunia luar. Imajinasi ini didasarkan atas persepsi dan berorientasi pada realitas. Aspek kepribadian yang menyusunnya adalah Physiognami, Ornamen, Style, Organized dan Symetry.  
  2. Creative: Ditandai dengan kurangnya hubungan dengan realitas. Individu lebih menyukai hal-hal abstrak atau simbol-simbol emosional, filosifis atau mistikly. Kalau berlebihan imajinasi ini akan merupakan hambatan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari. Aspek kepribadian yang menyusunnya adalah Expanded, Original, Fancy, Asymetrical, dan Dark.
Intellect
  1. Practical: Individu dengan practical intellect bertindak terutama berdasarkan persepsi, observasi dan ditandai antara lain oleh cara berpikir yang teratur. Orientasinya tertuju pada fakta, hal-hal yang konkrit dan penalaran induktif. Aspek kepribadian yang menyusunnya adalah Objects dan Detail
  2. Speculative: Mengutamakan prinsip-prinsip, penalaran, teori lebih ditekankan daripada fakta, observasi dan hal yang tidak praktis. Aspek kepribadian yang menyusunnya adalah Organized dan Technical.
Activity
  1. Dinamic: Aktivitas yang dinamis mencakup semua bentuk dan tingkat dorongan energi dari yang mobil sampai yang impulsive. Individu dengan aktivitas yang dinamis senang akan hal-hal yang baru, percaya diri, antusias, berani. Individu memiliki energi yang memungkinkan melakukan bermacam-macam aktivitas dalam waktu yang sama. Aspek kepribadian yang menyusunnya adalah Animate, Movement, Full, Strong, Dark dan Orientation.
  2. Controlled: Aktivitas yang ditandai dengan konsistensi bertingkah laku dan kemampuan untuk mengambil keputusan secara tegas. Individu membuat perencanaan sebelum bertindak. Perhatiannya terpusat, mereka menyukai ketenangan dan keteraturan. Tingkah lakunya tampak konsisten dan tenang. Jika berlebihan mungkin berkembang menjadi fiksasi, terhambat dan kompulsif. Aspek kepribadian yang menyusunnya adalah Empty, Constricted, Straight, Strong, Closure, Repetition, Duplication dan Carefull.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai