Home » » FUNGSI TES WARTEGG

FUNGSI TES WARTEGG


Tes Wartegg merupakan salah satu asesmen tes psikologi yang digunakan untuk evaluasi kepribadian (personality assessment). Tes ini adalah tes proyektif yang merupakan kombinasi dari teknik completions dan expressions karena telah memiliki stimulus-stimulus yang perlu diselesaikan dengan mengekspresikan suatu gambar. Teknik proyektif dalam tes wartegg adalah teknik konstitutif yaitu subjek diberikan materi yang belum berstuktur, yang kemudian subjek diminta untuk memberi struktur.
Materi tes yang digunakan dalam tes wartegg bertujuan untuk menghindarkan faktor-faktor yang mengancam, misalnya dari tes yang ambigu dan asing, yang mungkin menimbulkan keragu-raguan. Ukuran segi empat bertujuan membantu subjek memusatkan perhatiannya pada tempat yang terbatas pada stimulus. Bingkai hitam segiempat bertujuan untuk memusatkan perhatian pada stimulus.
Hasil karya wartegg kemudian lebih dikenal dengan istilah drawing completion test, hal ini karena subyek harus melengkapi gambar-gambar kecil yang telah tersedia dengan tujuan mengeksplorasi struktur kepribadian/ fungsifungsi dasar.
Tujuan dari tes wartegg adalah menggali fungsi dasar kepribadian seperti emosi, imajinasi, dinamika, kontrol dan fungsi realitas yang dimiliki oleh individu. Dasar dari tes ini adalah bahwa tiap individu memiliki cara-cara yang berbeda di dalam mempersepsi dan bereaksi terhadap situasi yang tidak terstruktur dan cara-cara ini merupakan pembeda bagi masing-masing kepribadian.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai