Home » » FUNGSI TES DISC

FUNGSI TES DISC

Pada dasarnya, Tes DISC adalah alat ukur yang tidak menilai benar atau salah, karena dipergunakan untuk melihat perbedaan setiap individu dalam berperilaku atau kecenderungannya dalam perilaku, tes ini umumnya dipergunakan di bidang industry dan organisasi. Disc merupakan sebuah alat untuk memahami tipe tipe perilaku dan gaya kepribadian (personality test).
Fungsi dari alat tes DISC adalah untuk mengungkap gaya kerja seseorang. Penerapannya di dunia bisnis dan usaha alat ini membuka wawasan dan pemikiran, baik secara professional maupun secara personal. Alat tes ini digunakan beberapa perusahaan untuk seleksi karyawan.
Fungsi dari hasil tes DISC bagi individu/tim secara rinci antara lain:
  1. Menambah pengetahuan tentang diri sendiri: bagaimana individu merespon pada suatu konflik, apa yang memotivasi, apa yang menyebabkan individu stres, dan bagaimana cara individu menyelesaikan masalah yang dihadapi
  2. Tes ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana gambaran diri atau kepribadian seseorang, pola hubungan sosial seseorang, dan jenis pekerjaan yang sesuai dengan gaya perilaku orang tersebut.
  3. Tes ini dapat digunakan untuk memilih karir atau jurusan bagi siswa SMP/SMA berdasarkan analisis perilaku (Behavioral Style).
  4. Meningkatkan relasi yang baik antar anggota tim karena melalui tes DISC dapat mengetahui kebutuhan berkomunikasi dalam tim
  5. Memfasilitasi kerja tim yang lebih baik dan meminimalisir konflik dalam tim
  6. Mengembangkan kemampuan marketing yang lebih kuat melalui identifikasi dan merespon sesuai dengan cara/gaya dari konsumen atau klien
  7. Dapat mengelola lebih efektif dengan memahami kemampuan alami dan prioritas dari setiap individu
  8. Dapat lebih memahami diri sendiri, serta membantu untuk menjadi pemimpin yang seimbang serta efektif
  9. Membangun tim yang produktif
  10. Mengembangkan manajer, supervisor, dan pemimpin yang efektif
  11. Meningkatkan pelayanan bagi konsumen atau klien
  12. Membantu dalam melakukan perubahan dan manajemen konflik
  13. Menjadi alat yang membantu dalam merekrut, penempatan, promosi, dan outsourcing
  14. Meningkatkan pemberian pengalaman konseling dan pelatihan.
  15. Dapat digunakan untuk mendeskripsikan cara pendekatan atau gaya yang dikembangkan seseorang, motivasi, dan termasuk hal yang tidak disukainya.
  16. Dapat berfungsi untuk menentukan kekuatan dan kelemahan seseorang, serta pandangan-pandangan mereka terhadap orang lain.
  17. Tes ini juga tentunya dapat membantu untuk memperkirakan reaksi seseorang pada situasi dan keadaan yang sedang dihadapinya.
  18. DISC juga telah berhasil digunakan untuk membantu orang belajar untuk bekerja lebih efektif dengan orang lain dan berhubungan dengan orang lain.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai