Struktur Trombosit

Struktur trombosit terdiri dari beberapa macam sel darah. Struktur TrombositTrombosit merupakan sel berbentuk disk-shapedengan diameter 3-4 µm, yang secara normalterdapat dalam whole blood dengan konsentrasi 200.000-400.000/µm. Gambaran struktur trombosit berupa membran sel tipikal, sistem mikrotubular sirkumferensial, sistem tubular  padat, bermacam bentuk granul dan di bagian luar berupa sistem kanalikular terbuka.
Glikoprotein permukaan sangat penting dalam reaksi adhesi dan agregasi trombosit. Adhesi pada kolagen difasilitasi oleh glikoprotein Ia (GP Ia). Glikoprotein Ib dan IIb/IIIa penting dalam perlekatan trombosit pada von Willebrand factor (VWF) dan subendotel vascular. Reseptor IIb/IIIa juga merupakan reseptor untuk fibrinogen yang penting dalam agregasi trombosit.
Membran plasma berinvaginasi ke bagian dalam trombosit untuk membentuk suatu sistem membrane (kanalikular) terbuka yang menyediakan permukaan reaktif yang luas tempat protein koagulasi plasma diabsorbsi secara selektif. Fosfolipid membran (faktor trombosit 3) sangat penting dalam konversi faktor X menjadi Xa dan protrombin (faktor II) menjadi thrombin (faktor IIa).
Struktur tombosit terdiri dari:
Membran bilipid dan membran protein
Membran bilipid yang di sekitar trombosit terdiridari beberapa glikoprotein yang berfungsi sebagai sebagai reseptor permukaan. Membran bilipid juga merupakan tempat berlangsungnya berbagai aktivitas kompleks koagulasitrombosit.
  1. Glikoprotein Ib (GP Ib) adalah protein transmembran instrinsik dengan beratmolekular sekitar 140 kilodaltons. Glikoprotein ini merupakan tempat pengikatanfaktor willebrand (vWF). Ikatan vWF berguna untuk adhesi trombosit, yangmerupakan fungsi trombosit yang utama.
  2. Glikoprotein IIb-IIIa (GP IIb-IIIa) merupakan kompleks membran protein yang calsium-dependent yang berfungsi sebagai reseptor fibrinogen. Ikatan fibrinogen berperan untuk terjadinya agregasi trombosit.
Mikrotubular dan Mikrofilamen
  1. Mikrotubular berada di bawah membran trombosit yang membentuk pita melingkar.Mikrotubular terdiri dari tubulin dan berperan dalam penunjang sitoskeletal trombositdan kontraksi sel yang distimulasi.
  2. Mikrofilamen terdiri dari aktin dan berperan dalam pembentukan trombosit pseudopod.

Sistem Tubular padat
Disebut sistem tubular padat karena bersifat amorphous , dan berupa material padatelektron. Sistem secara selektif mengikat kation divalen dan merupakan reservoir.
Di bagian dalam trombosit terdapat kalsium, nukleotida (terutama ADP,ATP dan serotonin) yang terkandung dalam granula padat. Granula alfa mengandung antagonis heparin, faktor pertumbuhan (PDGF), β-tromboglobulin, fibrinogen, vWF. Organel spesifik lain meliputi lisosom yang mengandung enzim hifrolitik, dan peroksisom yang mengandung katalase. Selama reaksi pelepasan, isi granula dikeluarkan ke dalam sistem kanalikular.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال