Kegunaan Daun Sirsak

Kegunaan daun sirsak dari beberapa artikel diketahui dapat menyembuhkan penyakit kanker, caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang berwarna hijau tua kedalam 3 gelas air dan direbus hingga airnya tinggal 1 gelas saja. Air rebusan diminumkan kepada penderitanya 2 kali sehari. Setelah diminum, badan pasien terasa panas, mirip dengan efek kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena rebusan daun sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal dan  membiarkan sel-sel yang tumbuh normal. Sedangkan kemoterapi masih ada efek  membunuh juga sebagian sel-sel yang normal (Anonimb, 2010).
Menurut hasil penelitian Dr. Sugeng Juwono Purwohusodo dari Yogyakarta, tanaman sirsak ini dapat digunakan untuk obat nyamuk, dalam bentuk infusa, hasilnya infus (cairan) yang kadar ekstrak racunnya adalah 10%. Ekstrak tersebut diberikan kepada larva instar III dari nyamuk Aides dan Cules yang direndam dalam 100 ml air. Dari 25 ekor nyamuk ternyata mati semua. Dari ekstrak daun sirsak : dengan 6,48 ml ekstrak dalam 100 ml air, 50% larva mati dalam 24 jam, sedangkan jika 5,5 ml sebanyak 50% mati dalam waktu 48 jam (Radi, 1998).
Dibawah ini adalah kegunaan daun sirsak:
Mengobati Penyakit Kanker
Pengobatan yang dilakukan oleh suku amazon pada awal tahun 90-an menjadi inspirasi peneliti farmasi dari Amerika Serikat untuk mencari obat kanker. Ya benar, orang amazon sudah lebih dulu memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati kanker sebelum masyarakat modern mengahuinya. Setelah diteliti lebih lanjut diketahui bila daun sirsak memiliki zat aktif yang dapat melawan kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Sayangnya hasil penelitian tersebut "dikubur" karena takut mengganggu penjualan kemoterapi yang "menguntungkan" bagi industri pengobatan. Sampai pada awal 2000-an tabir mengenai manfaat daun sirsak yang dapat mengobati kanker berhasil dikuak kembali.
Pusat Penelitian Kanker Chemoprevention Universitas Gadjah Mada (UGM CCRC) Indonesia menemukan kembali bila daun Graviola ( sebutan daun sirsak oleh ahli farmasi ) sebagai obat kanker, Nur Qumara Fitriyah. Dosis yang diuji dalam pengobatan tersebut sebagai berikut :
10 daun sirsak berwarna hijau tua direbus dengan 3 gelas air atau 600 cc dipanaskan hingga tersisa satu gelas air atau 200 cc setelah itu di dinginkan, kemudian di saring lalu di minum setiap pagi. Untuk memperoleh hasil yang maksimal obat herbal ini diberikan selama 3 - 4 minggu. Selain itu juga dibutuhkan pemeriksaan lab untuk mengetahui peningkatannya.
Mengobati Sakit Pinggang
Penyakit ini adalah hal umum yang diderita oleh orang lanjut usia dimana otot dan tulang mulai raput. Bisa juga disebabkan karena asam yang meningkat dalam otot pinggang sehingga perlu di netralisir. Untunglah kini telah ditemukan berbagai macam jenis pengobatan modern yang bisa mengatasi masalah tersebut. Tapi soal harga lumayan mahal, untuk mensiasatinya gunakan daun sirsak untuk menyembuhkan nyeri tersebut.
Mengobati Diare Pada Bayi
Diare pada bayi seringkali membuat orang tua khususnya ibu menjadi bingung. Beruntunglah bila Anda yang mempunyai bayi tidak sengaja mampir di blog ini karena akan kami bocorkan rahasia menakjubkan dari sirsak yang dapat mengatasi diare pada bayi. Caranya, ambil perasan sirsak berikan pada bayi 3 -4 kali sehari.
Mengatasi Ambeien
Penyakit paling menjengkelkan yang pernah ada. Seringkali dialami oleh perempuan, entah kenapa sebabnya tapi yang jelas kini tak usah risau lagi sebab cara mengatasinya cukup mudah. Minum satu gelas air sirsak pagi dan sore niscara ambeien Anda akan tuntas. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.
Menghilangkan Bisulan
Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tidak kenal tempat. Bisa di tubuh bisa juga diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya di wajah karena bisa mengganggu kecantikan. Untuk mengatasinya ambil 7 daun sirsak yang masih muda tempelkan pada bisul sampai mengering.
Mengatasi penyakit Musiman
Pilek adalah salah satu contok penyakit musiman yang disebabkan karena menurunnya kekebalan tubuh. Influenza tidak dapat dimusnahkan didalam tubuh, virus ini hanya dapat di lemahkan kemampuannya. Yang dapat melemahkan adalah sistem imun dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika tiba - tiba kita terserang penyakit flu itu pertanda kekebalan tubuh kita menurun. Apa hubungannya dengan daun sirsak ? Ternyata daun ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit pilek.
Mengatasi Nyeri Otot
Pernah melihat tayangan iklan obat oles untuk mengatasi nyeri otot? Yang punya televisi di rumah pasti pernah melihat iklan tersebut. Ternyata daun sirsak yang ditumbuk memiliki khasiat yang sama dengan obat oles tersebut. Caranya, tumbuk daun sirsak tempelkan pada bagian yang nyeri, secara berangsung nyeri tersebut akan hilang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال