Natrium Klorida

Natrium Klorida, yang juga dikenal sebagai garam meja, atau garam karang, merupakan senyawa ion dengan rumus NaCl. Natrium Klorida adalah garam yang paling berperan penting dalam salinitas laut dan dalam cairan ekstraselular dari banyak organisme multiselular. Garam sangat umum digunakan sebagai bumbu makanan dan pengawet. Natrium Klorida adalah garam yang berbentuk kristal atau bubuk berwarna putih. NaCl dapat larut dalam air tetapi tidak larut dalam alkohol. NaCl juga merupakan senyawa natrium yang berlimpah di alam.
2NaCl + 2H2O --- >>> Cl2+ H2+ 2NaOH
Natrium Klorida digunakan dalam proses kimia untuk skala besar produksi senyawa yang mengandung Sodium atau Khlor. Sejak akhir abad ke – 19, pada waktu proses elektrolisis secara besar – besaran diperkenalkan, telah dapat dibuat bermacam – macam senyawa dengan bahan baku NaCl, misalnya Natrium Hidroksida, Asam Klorida, Natrium Karbonat, Natrium Sulfite dan senyawa – senyawa lainnya.
Normal saline atau disebut juga NaCl 0,9%. Cairan ini merupakan cairan yang bersifat fisiologis, non toksik dan tidak mahal. NaCl dalam setiap liternya mempunyai komposisi Natrium Klorida 9,0 gram dengan osmolalitas 308 mOsm/l setara dengan ion – ion Na+ 154 mEq/l dan Cl 154 mEq/l (InETNA,2004:16 ; ISO Indonesia, 2000).
Natrium Klorida 0,9% adalah larutan fisiologis yang ada di seluruh tubuh, karena alasan ini, tidak ada reaksi hipersensitivitas dari natrium Klorida. Normal saline aman digunakan untuk kondisi apapun (Lilley & Aucker,1999). Natrium Klorida mempunyai Na dan Cl yang sama seperti plasma. Larutan ini tidak mempengaruhi sel darah merah (Handerson, 1992). Natrium Klorida tersedia dalam beberapa konsentasi, yang paling sering digunakan Natrium Klorida 0,9%. Ini adalah konsentrasi normal dari Natrium Klorida dan untuk alasan ini Natrium Klorida disebut juga normal saline (Lilley & Aucker, 1999). Natrium Klorida 0,9% merupakan larutan isotonis aman untuk tubuh, tidak iritan, melindungi granulasi jaringan dari kondisi kering, menjaga kelembaban sekitar luka dan membantu luka menjalani proses penyembuhan serta mudah didapat dan harga relatif lebih murah.
Biological fungsi
Pada manusia, intake garam dalam jumlah yang tinggi telah lama dikenal dapat meningkatkan tekanan darah, khususnya di beberapa individu. Terlebih baru-baru ini, garam telah menunjukkan dapat melemahkan produksi senyawa oksida. Kontribusi senyawa oksida (NO) ke keadaan homeostasis oleh inhibiting vascular berhubungan dengan kelancaran kontraksi otot dan pertumbuhan, agregasi platelet, dan adhesi leukosit ke endothelium.
Crystal struktur
Setiap atom memiliki enam tetangga terdekat, dengan geometri bersegi delapan. Sodium chloride berbentuk kristal dengan wajah-tengah kubik simetri. Semakin besar ion klorida, ditampilkan di sebelah kanan sebagai spheres hijau, dapat diatur dalam kubik menutup kumpulan, sementara ion klorida kecil, ditampilkan di sebelah kiri sebagai perak spheres, terdapat jarak di antara semua isi kubik. Setiap ion dikelilingi oleh enam ion dari jenis lainnya; sekitarnya ion berada di vektor yang sempurna berbentuk segi delapan.
Dasar struktur yang sama ini ditemui dalam banyak mineral dan umumnya dikenal sebagai garam karang atau batu-garam struktur kristal. Digambarkan sebagai wajah-tengah kubik (FCC) kisi-kisi dengan dua atom dasar. Atom pertama terletak di setiap titik kisi, dan yang kedua atom terletak setengah jalan antara kisi poin FCC unit di sepanjang tepi sel. Hal ini dibentuk bersama-sama dengan ionic bond dan desakan elektrostatik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال