Tahapan Persahabatan

Terdapat beberapa tahapan persahabatan. Selman (dalam Papalia, 2007) menyatakan bahwa perkembangan persahabaatn melalui 5 (lima) tahap yang overlap, yang dibagi berdasarkan tahapan usia seseorang.
Tahapan persahaban menurut Selman adalah sebagai berikut:
  1. Stage 0: momentary playmateship (usia 3 – 7 tahun). Undifferentiated level, dimana anak bersifat egosentris dan memiliki masalah dalam memahami sudut pandang orang lain. Mereka cenderung hanya memikrkan apa yang mereka inginkan dari suatu hubungan. 
  2. Stage 1: one-way assistance (usia 4 – 9 tahun). Unilateral level, dimana “good friend” melakukan apa yang diinginkan oleh anak.  
  3. Stage 2:  two-way fair-weather cooperation (usia 6 – 12 tahun). Reciprocal level, dimana dalam tahap ini melibatkan proses “memberi dan menerima”, tapi tetap dengan ketertarikan yang saling berbeda. 
  4. Stage 3: intimate, mutually shared relationship (usia 9 – 15 tahun). Mutual level, dimana anak melihat persahabatan sebagai kepemilikan terhadap kehidupannya sendiri. Hubungan yang ada menjadi posesif dan eksklusif. 
  5. Stage 4: autonomous interdependence (dimulai sejak usia 12 tahun). Interdependent level, dimana anak perduli dengan kebutuhan sahabat, baik untuk mandiri, ataupun bergantung. Hubungan dibangun atas dasar rasa saling percaya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال