Transfusi Trombosit

Transfusi trombosit adalah proses pemindahan trombosit darah dari donor ke resipien. Trombosit dapat diperoleh dari donor fresh whole blood atau buffy coat atau dengan apheresis dari donor tunggal, dimana hanya diambil trombosit dengan atau tanpa plasma, sedangkan sel darah merah dikembalikan ke donor. Meskipun cara persiapannya berbeda, tetapi cara penyimpanan kedua produk tersebut sama.
Keuntungan metode apheresis adalah jumlah donor lebih sedikit, kemungkinan kecocokan dengan pasien lebih besar (Guide Preparation Use and Publishing Europe, 2002).
Pembuatan Trombosit dari whole blood
Konsentrat trombosit dibuat dari fresh whole blood yang diperoleh dari donor, disimpan dalam kantong dengan satelitnya. Antikoagulan yang diperlukan adalah Citrate Phosphatase Dextrose (CPD) dan Citrate Phosphatase Dextrose Adenine (CPDA-I). Whole blood disimpan dalam suhu ruangan dan harus diproses sebelum 8 jam dari pengambilan darah donor. Whole blood disentrifus dangan kecepatan rendah pada suhu ruangan, lalu supernatant berupa platelet-rich plasma dikeluarkan dari kantong satelit menggunakan alat separator. Supernatan disentrifus kembali untuk memekatkan trombosit dalam plasma. Supernatan dikeluarkan dengan alat separator dan didapatkan platelet-poor plasma. Setelah 1-1,5 jam trombosit secara hati-hati disuspensikan kembali kedalam plasma yang tersisa (50-60 ml). Lebih dari 85% trombosit donor atau sekitar 5,5 x trombosit per unit akan didapatkan (Guide Preparation Use and Publishing Europe, 2002).
Pembuatan Konsentrat trombosit dengan cara Apheresis
Pembuatan konsentrat trombosit dengan apheresis menggunakan continuous atau discontinuous cell separators. Plateletpheresis dapat dilakukan dengan tehnik satu atau dua lengan tergantung mesin yang digunakan. Trombosit secara selektif diambil, sel darah merah dan plasma dikembalikan ke donor melalui vena yang sama atau melalui jalur vena yang lain. Trombosit yang didapat dengan cara ini mengandung sekitar 3 x 1011 trombosit tiap 300 ml plasma, kira–kira setara dengan enam unit dari donor trombosit secara manual. Karena proses terjadi dalam system tertutup, trombosit dapat disimpan selama 5 hari dalam kantong yang tepat. (Brecher ME. aaBB, Technical Manual, 2005)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال