Pengertian Melasma

Pengertian melasma adalah hipermelanosis didapat yang umumnya simetris berupa makula yang tidak merata bewarna cokelat muda sampai cokelat tua, mengenai area yang terpajan sinar ultra violet dengan tempat predileksi pada pipi, dahi daerah atas bibir, hidung dan dagu (Ilmu Penyakit Kulit dan kelamin, 2008).
Melasma juga dapa diartikan sebagai salah satu gangguan kulit berupa penampakan bercak-bercak berwarna coklat di wajah. Melasma umumnya menyerang usia dewasa. Bagian wajah yang terlihat lebih gelap biasanya batang hidung, pipi, dahi dan atas bibir.
Melasma lazim dialami wanita berusia 25-40 tahun, lebih banyak terjadi pada perempuan ketimbang laki-laki. Flek hitam lebih sering terjadi pada ras Asia, karena kebanyakan orang ras Asia tinggal di daerah tropis yang banyak terpapar sinar matahari. Umumnya Melasma terjadi pada bagian wajah yang sering terpapar sinar matahari seperti pipi, dahi dan dagu.
Lingkungan memegang faktor dalam perkembangan melasma, dalam hal ini paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet dari matahari dan juga sinar kuat lain dari bola lampu bisa menstimulasi produksi sel-sel pigmen atau melanosit di kulit. Dalam kondisi normal, melanosit-melanosit ini memproduksi pigmen dalam jumlah besar. Tetapi akibat paparan sinar yang kuat maka produksi menjadi berlipat ganda disertai meningkatnya kadar hormon. Paparan sinar matahari adalah penyebab utama melasma yang rekuren. Iritasi di kulit bisa meningkatkan pigmentasi di kulit dan memperburuk melasma. Tetapi harus dicatat bahwa melasma tidak ada kaitannya dengan penyakit internal atau gangguan organ dalam.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال