Nilai-nilai budaya Jawa

Budaya Jawa penuh dengan nilai-nilai. Nilai-nilai budaya Jawa menurut Koentjaraningrat (1981 dalam Sedyawati, 2003) bahwa masyarakat Jawa memiliki sistem nilai budaya yang terdiri dari lima hakekat pokok, yaitu
Hakekat hidup
Orang Jawa memandang hakekat hidup sangat dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu dan konsep religiusitas yang bernuansa mistis. Mereka sangat menghormati budaya, agama (Hindu dan Islam), dan kondisi geografis. Pada dasarnya masyarakat Jawa menerima yang telah diberikan Tuhan secara apa adanya, harus tabah dan pasrah dengan takdir serta ikhlas menerima segala hal yang diperolehnya.
Hakekat kerja
Bagi masyarakat Jawa kelas bawah yang tinggal di pedesaan maupun perkotaan cenderung beranggapan bahwa mereka harus terus berikhtiar dan bekerja. Bagi mereka, bekerja merupakan suatu keharusan untuk mempertahankan hidup. Sebaliknya bagi masyarakat kelas menengah dan atas telah memiliki tujuan dari hakekat kerja, sehingga usaha yang dijalankannya selalu dihubungkan dengan hasil yang diharapkan. Bagi mereka bekerja adalah segala sesuatu yang dicita-citakan dan harus disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh, artinya untuk mewujudkan cita-cita diperlukan biaya dan pengorbanan.
Hakekat waktu
Banyak orang berpendapat bahwa orang Jawa itu kurang menghargai waktu. Hal ini disebabkan karena ada pemahaman mereka bahwa melakukan segala sesuatu tidak usah terburu-buru, yang penting selesai. Melakukan sesuatu pekerjaan dengan perlahan-lahan memang sudah merupakan sifat orang Jawa.
Hakekat hubungan manusia dengan sesamanya
Masyarakat Jawa menghendaki hidup yang selaras dan serasi dengan pola pergaulan saling menghormati. Hidup yang saling menghormati akan menumbuhkan kerukunan, baik di lingkungan rumah tangga maupun di masyarakat. Dua prinsip yang paling menentukan dalam pola pergaulan masyarakat Jawa adalah rukun dan hormat. Dengan memegang teguh prinsip rukun dalam berhubungan dengan sesama, maka tidak akan terjadi konfik.
Hakekat hubungan manusia dengan alam sekitarnya
Pandangan hidup masyarakat Jawa adalah mengharuskan manusia mengusahakan keselamatan dunia beserta segala isinya agar tetap terpelihara dan harmonis. Artinya mereka berkewajiban untuk memelihara dan melestarikan alam, karena alam telah memberikan kehidupan bagi manusia.

2 Komentar

  1. Assamualaikum. Saya ingin tau referensi dari tulisan ini. Mohon respon. Terima kasih

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال