Manfaat Donor Darah

Manfaat donor darah bagi pendonor sangat besar bagi kesehatan. Selain itu, manfaat donor darah bagi resipien (penerima) darah akan mempertahankan kehidupan. Sehingga betul slogan yang mengatakan, setetes darah yang didonorkan akan menyelamatkan kehidupan.
Manfaat donor darah adalah sebagai berikut:
  1. Mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya 
  2. Secara teratur memeriksakan kesehatan (tiap kali menjadi donor) meliputi : tekanan darah, nadi, suhu, tinggi badan, berat badan, hemoglobine, penyakit dalam, penyakit hepatitis A dan C, Penyakit HIV/AIDS 
  3. Pendonor yang secara teratur mendonorkan darah (setiap 3 Bulan) akan menurunkan Resiko Terkena penyakit Jantung terutama pada laki-laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru.  
  4. Dapat mengontrol kesehatan secara teratur, seperti tekanan darah, Hb, dan Ht. 
  5. Meningkatkan produksi sel darah merah. Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru. 
  6. Memperoleh rasa segar dan pening di kepala yang disebabkan oleh kekentalan / Viscositas darah. 
  7. Membantu penurunan berat tubuh. Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 350 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping. 
  8. Yang terpenting dari donor darah adalah dapat menyelamatkan jiwa orang lain.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال