Home » » Manfaat Buah Lobak

Manfaat Buah Lobak

Manfaat buah lobak sangat besar bagi kecukupan gizi tubuh. Buah lobak mulai dikenal bangsa China sekitar tahun 500 SM. Lobak sering disebut dengan lobak cina/lobak oriental. Tanaman lobak memiliki akar tunggang dengan akar samping yang tumbuh pada akar tunggang. Akar tunggang ini nantinya berubah fungsi dan bentuk menjadi umbi yang besar, umbi tersebut tumbuh memanjang ke bawah seperti wortel, bentuknya lebih bulat dan berwarna putih bersih. Untuk batangnya ukurannya pendek dan daunnya lonjong berbulu, bagian umbi yang dekat dengan permukaan tanah dan terkena sinar matahari biasanya akan berubah warna menjadi agak kehijauan. Lobak tumbuh baik di daerah pegunungan ataupun di dataran rendah, dengan udara lembab dan dingin (Anonim, 2010).
Manfaat buah Lobak banyak mengandung vitamin, mineral,dan kandungan gizi lainnya dalam 100 gram yaitu: kalori (19,00 kal), protein (0,90 g), lemak (0,10 g ), karbohidrat (4,20 g), kalsium (35,00 mg), fosfor (26,00 mg), besi (0,60 mg), vitamin A (10,00 SI), vitamin B1 (0,03 mg), vitamin C (32,00 mg), air (94,10 g), bagian yang biasa dimakan
Buah lobak mempunyai khasiat untuk melancarkan jalannya air kencing, sayuran ini pun dapat menghilangkan lendir yang ada di dalam kerongkongan. Oleh karena itu orang yang menderita demam atau sakit batuk sangat baik mengkonsumsi sayuran lobak.
Selain khasiat dari umbinya, daun lobak yang dikonsumsi dapat berfungsi membersihkan darah. Hampir seluruh bagian tanaman lobak dapat dimakan, umbinya dapat dimakan mentah sebagai lalap atau dimasak untuk sayur. Daun dan batangnya juga dapat digunakan sebagai lalap baik dalam keadaan mentah atau setengah dikukus (Ali dan Rahayu, 1999).
Share this article :

Posting Komentar