Tanda-tanda Kehamilan

Kehamilan memiliki tanda-tanda yang bisa dilihat dan diobservasi. Tanda-tanda kehamilan dapat berupa amenorrhoea, perubahan pada payudara, perubahan emosi secara psikologis dan lain-lain.
Tanda-tanda kehamilan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:
Amenorrhoea
Gejala pertama kehamilan ialah haid tidak dating pada tanggal yang diharapkan. Bila seorang wanita memiliki siklus haid teratur dan mendadak berhenti, ada kemungkinan hamil. Tetapi meskipun demikian sebaiknya ditunggu selama 10 hari sebelum memeriksakan diri ke dokter. Karena sebelum masa itu sulit untuk memastikan adanya kehamilan.
H aid yang terlambat pada wanita berusia 16-40 tahun, pada umumnya memang akibat adanya kehamilan. Tetapi kehamilan bukanlah satu-satunya penyebab keterlambatan haid. Haid dapat tertunda oleh tekanan emosi, beberapa penyakit tertentu, dan juga akibat makan obat-obatan tertentu.
Selain kehamilan, penurunan berat badan dan tekanan emosi juga sering menjadi penyebab keterlambatan haid pada wanita yang semula mempunyai siklus normal.
Perubahan pada payudara
Banyak wanita merasakan payudara memadat ketika menjelang haid. Bila terjadi kehamilan, gejala pemadatan bersifat menetap dan semakin bertambah. Payudara menjadi lebih padat, kencang dan lebih lembut, juga dapat disertai rasa berdenyut dan kesemutan pada putting susu.
Perubahan di atas disebabkan oleh tekanan kelamin wanita, estrogen, dan progesterone yang dihasilkan oleh uri (plasenta). Hormon-hormon ini menyebabkan saluran dan kantong kelenjar susu membesar, dan tertimbun lemak di daerah payudara. Rasa kesemutan dan berdenyut disebabkan oleh bertambahnya aliran darah yang mengaliri payudara.
Mual dan muntah-muntah
Kira-kira separuh dari wanita yang hamil mengalami mual dan muntah- muntah, dengan tingkat yang berbeda-beda, biasanya cukup ringan dan terjadi dipagi hari (morning sickness). Penyebabnya tidak diketahui, tetapi juga dapat disebabkan oleh karena peningkatan kadar hormon kelamin yang diproduksi selama hamil. Sesudah 12 minggu gejala-gejala itu biasanya menghilang, karena tubuh sudah menyesuaikan diri.
Sering kencing
Pada awal kehamilan ginjal bekerja dan kantong kencing cepat penuh.
Perubahan Fisik dan Psikologis yang Terjadi pada Wanita Hamil
Perubahan fisik
  1. Berhenti menstruasi
  2. Letih dan mudah mengantuk
  3. Sering buang air kecil
  4. Mual dengan atau tanpa muntah
  5. Rasa panas dalam perut dan menggangu pencernaan
  6. Enggan makan dan mengidam
  7. Pembesaran pada payudara.
Perubahan psikologis
  1. Emosional, mudah marah, suasana hati yang beragam, cengeng
  2. Perasaan was-was, takut, elasi (rasa senang yang berlebihan).