Penyebab Infertilitas pada Pria

Penyebab infertilitas pada pria bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita bisa disebabkan karena pekerjaan dan aktivitas sehari-hari, masalah fisiologis organ dan alat kelamin, pengaruh hormonal ataupun karena gangguan psikologis yang dapat menganggu kesuburan pada pria.
Penyebab-penyebab infertilitas pada pria adalah sebagai berikut:
Faktor Koitus Pria
Faktor-faktor ini meliputi spermatogenesis abnormal, motilitas abnormal, kelainan anatomi, gangguan endokrin dan disfungsi seksual. Kelaianan anatomi yang mungkin menyebabkan infertilitas adalah tidak adanya vasdeferens kongenital, obstruksi vasdeferens dan kelainan kongenital system ejakulasi. Spermatogenesis abnormal dapat terjadi akibat orkitis karena mumps, kelainan kromosom, terpajan bahan kimia, radiasi atau varikokel ( Benson R & Pernoll M, 2009).
Masalah ejakulasi
Ejakulasian retrograde yang berhubungan dengan diabetes, kerusakan saraf, obat-obatan atau trauma bedah.
Faktor lain
Adapun yang berpengaruh terhadap produksi sperma atau semen adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, stress, nutrisi yang tidak adekuat, asupan alkohol berlebihan dan nikotin.
Faktor pekerjaan
Produksi sperma yang optimal membutuhkan suhu di bawah temperature tubuh, Spermagenesis diperkirakan kurang efisien pada pria dengan jenis pekerjaan tertentu, yaitu pada petugas pemadam kebakaran dan pengemudi truk jarak jauh ( Henderson C & Jones K, 2006).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال