Pengertian Kehamilan

Pengertian kehamilan adalah suatu proses dari kehidupan seorang wanita yang dimulai dalam perutnya terdapat kehidupan mulai sejak saat pembuahan/konsepsi, nidasi, saat “nyawa“ dihembuskan, sejak terbentuknya “batang otak“, sehingga dirasakannya gerakan janin (Manuaba, 1999). 
Pelepasan telur (ovum) hanya terjadi satu kali setiap bulan, sekitar hari ke empat belas pada siklus menstruasi normal 28 hari. Siklus menstruasi bervariasi pada setiap orang (Manuaba, 1999).
Enam puluh hingga seratus juta sperma yang diejakulasikan ke dalam vagina saat ovulasi, beberapa juta berhasil menerobos saluran heliks di dalam mucus serviks dan mencapai rongga uterus. Beberapa ratus sperma dapat melewati pintu masuk tuba fallopi yang sempit, dan beberapa diantaranya dapat bertahan hidup sampai mencapai ovum di ujung fimbria tuba fallopii. Satu sperma dapat menembus zona pelusida ovum. Kepalanya masuk ke dalam substantia ovum. Apabila ini terjadi, suatu reaksi kimia mencegah masuknya sperma lain. Dalam waktu yang sama oosit mengalami pembelahan lagi pada kromosomnya dan terbentuklah badan kutub kedua. 
Begitu masuk ke dalam sitoplasma ovum, membran inti sperma larut dan menyisakan pronukleus “jantan“ yang telanjang. Ovum yang telah membelah dan menghasilkan badan kutub kedua, juga kehilangan membran intinya. Kedua inti telanjang tersebut saling mendekati dan berfusi. Maka terjadi fertilisasi dan konsepsi (Llewellyn- Jones, 2002). 
Masa kehamilan dimulai dari pembuahan sampai lahirnya janin. Lamanya kehamilan 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan dibagi dalam tiga triwulan yaitu triwulan pertama dimulai dari pembuahan sampai tiga bulan, triwulan kedua dimulai dari bulan keempat sampai bulan keenam, triwulan ketiga dari bulan ketujuh sampai bulan kesembilan (Prawirohardjo, 2008).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال