Jenis-jenis Kompensasi

Terdapat jenis-jenis kompensasi yang kita kenal dalam pemberdayaan sumber daya manusia. Biasanya, pemberian jenis-jenis kompensasi ini tergantung manajemen masing-masing. Jadi terdapat perbedaan pemberian kompensasi antara satu manajemen dengan manajemen lainnya.
Mathis dan Jackson (2002:118) membagi kompensasi atas dua jenis, yaitu intrinsik (internal) dan ekstrinsik (eksternal). Kompensasi intrinsik antara lain termasuk pujian yang didapatkan untuk menyelesaikan suatu proyek atau berhasil memenuhi beberapa tujuan kerja. Mereka juga mengatakan bahwa efek psikologis dan sosial yang lain dari kompensasi juga merupakan gambaran dari jenis kompensasi intrinsik.
Kompensasi ekstrinsik bersifat terukur, memiliki bentuk imbalan moneter maupun non moneter. Kompensasi ekstrinsik dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung, dimana kompensasi langsung meliputi gaji pokok dan gaji variabel, sedangkan kompensasi tidak langsung meliputi tunjangan karyawan.
Leap dan Crino (1993) mengelompokkan jenis-jenis kompensasi sebagai berikut:
  1. Wages an salary, Upah (wages) merupakan pembayaran atas pekerjaan yang berdasarkan waktu per jam atau per hari, sedangkan gaji (salary) merupakan pembayaran atas pekerjaan yang berdasarkan minggu, bulan, atau tahun.
  2. Incentive programs, merupakan kompensasi tambahan diluar gaji atau upah, program insentif ini berupa bonus atau kepemilikan saham badan usaha.
  3. Employee benefit programs, program ini diberikan dalam bentuk asuransi, uang saku liburan, dan uang pensiun.
  4. Perquisites, merupakan suatu penghasilan

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال