Feritin Serum Pada Manusia

Feritim serum pada manusia sangat penting, terutama dalam kandungan darah. Selain menggambarkan cadangan besi dalam tubuh, feritin serum juga merupakan reaktan fase akut yang akan mengalami peningkatan tidak hanya ketika cadangan besi tubuh meningkat tapi juga pada inflamasi akut atau kronik, penyakit hati, alkoholik, anemia hemolitik, hemokromatosis dan malignansi
Sedangkan kadar feritin serum yang rendah biasanya menunjukkan anemia defisiensi besi, menstruasi dengan perdarahan yang banyak atau perdarahan saluran cerna yang kronis. Kadar feritin serum normal sekitar 20-200 μg/L. Bell dkk dalam studinya mengemukakan bahwa pada pasien hemodialisis feritin serum merupakan marker yang paling berkorelasi positif menggambarkan cadangan zat besi di sumsum tulang dimana kadar dibawah 80 ng/ml menunjukkan adanya defisiensi besi sedangkan feritin serum di atas 350 ng/ml menunjukkan kelebihan cadangan zat besi di sumsum tulang.
Selain itu Studi yang dilakukan oleh Rocha dkk menunjukkan bahwa pada pasien hemodialisis bila dijumpai feritin serum > 500 ng/ml dan kadar C-Reactive Protein (CRP) yang tinggi, feritin serum tetap dapat diandalkan sebagai gambaran cadangan zat besi meski adanya inflamasi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال