Pengertian Gay

Pengertian gay adalah suatu istilah tertentu yang digunakan untuk merujuk kepada pria homoseks. Kata sifat homoseks atau lebih sering disebut dengan homo saja digunakan untuk hubungan intim atau hubungan seksual di antara orang-orang berjenis kelamin sama, yang tidak dapat diidentifikasikan sebagai gay atau lesbian. Sedangkan Lesbian adalah suatu istilah tertentu yang digunakan untuk merujuk kepada wanita homosekseksual. Sekalipun ada sebutan gay males (gay pria) dan gay females (gay wanita) yang menunjukkan bahwa istilah gay juga digunakan untuk wanita, tetapi secara spesifik kata gay lebih umum ditujukan untuk para pria.
Pengertian gay disini adalah salah satu bentuk gaya hubungan antara laki-laki dengan laki-laki. Sekalipun homoseksual merujuk pada pengertian hubungan sesama jenis secara umum, tetapi tidak dapat dikatakan bahwa gay dan lesbian ataupun biseksual merupakan pembagian dari homoseksual. Hal ini dikarenakan homoseksual sendiri mempunyai konteks arti yang berbeda. Selain itu beberapa buku dan penelitian masih menyebutkan homoseksual sebagai identitas penyuka sesama jenis antara laki-laki dan disandingkan dengan lesbian. Seperti Kartini Kartono yang menyebutkan homoseksual dan lesbianisme dalam bukunya, bukan gay dan lesbian. McLelland (2000:10) menjelaskan mengenai kata gay yang sebenarnya merujuk pada pria gay tetapi sering diartikan sebagai laki-laki yang cross-dressing. Karena itu dalam beberapa bagian bukunya ia menggunakan kata homoseksual dan bukan gei (gay).
Sementara sebagian penelitian yang lainnya secara spesifik menyebutkan hubungan sesama jenis antara laki-laki sebagai gay. Homoseksualitas, sebagai suatu pengenal, pada umumnya dibandingkan dengan heteroseksualitas dan biseksualitas. Istilah gay secara spesifik mengacu pada identitas seksual, karena itu istilah ini memiliki arti yang lebih dalam dibandingkan dengan kata homoseksual.
Foucault (1997:53) mengatakan bahwa gay muncul sebagai salah satu bentuk seksualitas ketika dialihkan dari praktek sodomi menjadi semacam androgini (percampuran dari ciri-ciri maskulin dan feminin) batin.
Sodomi berasal dari kata Sodom yang merupakan nama sebuah kota yang melegalkan hubungan seksualitas sesama laki-laki (gay). Makna sodomi pada abad pertengahan diartikan sebagai perilaku anal seks baik antara homoseksual maupun heteroseksual. Tetapi anal seks lebih identik dengan homoseksualitas dan sekarang umumnya digunakan sebagai istilah untuk perilaku seksual gay (Spencer, 2004:60). Dulu pelaku sodomi dianggap sebagai orang sakit, pada masa sekarang gay adalah suatu seksualitas tersendiri.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال