Manfaat Timun untuk Kesehatan

Manfaat timun untuk kesehatan mungkin tidak asing lagi bagi kita, apalagi bagi anda yang vegetarian. Timun dilihat dari kesehatan adalah salah satu menu yang harus anda pertimbangkan, disamping karena timun mengandung gizi yang tinggi, harganya yang relatif murah, juga ketersediannya mudah di dapat di lingkungan sekitar.
Apa saja mamfaat timun untuk kesehatan? Dibawah ini akan di ulas manfaat timun untuk kesehatan anda:
Timun sebagai obat hipertensi
Konsumsi buah timun bisa anda jadikan sebagai diet makanan sehari-hari jika anda merupakan orang yang berisiko mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi), ini menurut beberapa penelitian. Tetapi perlu di ingat bahwa, penyebab hipertensi itu beragam, sehingga mengatasinyapun tidak hanya timun. Timun hanyalah salah satu dari solusi diet mencegah resiko hipertensi.
Ketimun bermanfaat sebaga Detoksifikasi
Buah timun dengan kandungan air hampir 90%, sehingga sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan (buang air kecil) serta dapat menghilangkan racun dan oksidan dalam tubuh. Timun juga dapat mengurungi bakteri-bakteri jahat yang terdapat pada saluran pencernaan terutama pada bagian usus dan dinding kandung kemih.
Timun bisa menjadi alat perawatan kulit wajah
Ya, timun bisa anda jadikan sebagai alat terapi perawatan wajah anda. Timun bisa menghilangkan fle-flek warna hitam di wajah dan zat-zat lain yang bisa menyebabkan penuaan. Caranya adalah, anda jadikan timun sebagai masker wajah untuk perawatan.
Buah timun bisa sebagai anti serangga
Timun sebagai anti serangga? Ya betul, timun dapat berfungsi sebagai anti serangga. Caranya adalah, siapkanlah kulit buah timun (jangan dibuang), lalu buah timun dipotong-potong, kemudian rendam dalam jus mentimun selama kurang lebih satu jam. Kemudian ambilah kulit tersebut, lalu dikeringkan dengan memakai oven bersuhu sekitar 2000C. Kemudian setelah kering hancurkanlah hingga menjadi serbuk. Setelah itu masukkan serbuk kulit dari mentimun ke dalam blender, kemudian dicampur dengan daun salam yang sudah direndam dalam jus mentimun. Setelah itu keluarkanlah dan jemur sampai mengering. Cara pemakaiannya adalah sebarkanlah serbuk yang dibuat tadi yang sudah kering ke tempat yang banyak serangganya, baik semut, kecoa, dan lain-lain. Jadi timun bisa menjadi obat anti serangga alami.
Timun bisa mencegah kanker
Menurut beberapa penelitian, buah timun bisa bermamfaat mencegah kanker. Mungkin karena timun mempunyai zat-zat antioksidan seperti lariciresinol, secoisolariciresinol, dan pinoresinol yang terdapat pada mentimun dapat menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker seperti kanker otak, kanker rahim, prostat dan lain-lain.
Timun dapat mengobati diare
Bagi anda yang mempunyai anak, atau anda sendiri yang diare, mungkin timun bisa menjadi salah satu solusi diet untuk mengatasi diare. Rebus buah timun, dan jadikan juice timun di tambah madu, timun sudah siap menjadi obat diare bagi anak atau anda sendiri.
Ketimun bermanfaat sebaga Detoksifikasi
Buah timun dengan kandungan air hampir 90%, sehingga sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan (buang air kecil) serta dapat menghilangkan racun dan oksidan dalam tubuh. Timun juga dapat mengurungi bakteri-bakteri jahat yang terdapat pada saluran pencernaan terutama pada bagian usus dan dinding kandung kemih.
Masih banyak manfaat timun untuk kesehatan lainnya. Penjelasan diatas hanyalah beberapa manfaat buah timun. Silahkan jadikan timun sebagai salah satu menu diet anda, atau jadikan timun sebagai obat alami untuk perawatan wajah, diare atau obat anti serangga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال